-->

Prinsip Dasar Pengembangan Bioteknologi

Advertisement
Bioteknologi dikembangkan dari berbagai bidang-bidang yang memanfaatkan kemampuan mikroorganisme atau bagian-bagiannya tersebut. Bioteknologi mempunyai objek kajian yang sangat luas dengan adanya perkembangan ilmu dan teknolgi yang bertujuan sesuai dengan kebutuhan manusia. Prinsip-prinsip bioteknologi yang sudah diterapkan oleh masyarakat Indonesia sebenarnya sudah ada sejak ratusan tahun lalu, bahkan 6.000 tahun yang lalu sebelum masehi oleh masyarakat Babilonia.

Manfaat Bioteknologi

Masyarakat Babilonia pada waktu itu dapat membuat makanan dan juga minuman dengan cara fermentasi. Yaitu membuat tempe, kecap, oncom, tape, dan minuman tuak yang dapat bertahan lama oleh nenek moyang kita. Terdapat 3 ciri utama dalam bioteknologi konvensional, sebagai berikut :

Dalam satu dekade belakangan ini sudah terjadi banyak peristiwa penting yang membantu mendorong kemajuan bioteknologi modern, antara lain :

1) Harga bahan bakar fosil yang meningkat secara drastis.
2) Pemakaian enzim ligase serta endonulease yang dapat memotong dan menyambungkan DNA sehingga menghasilkan sebuah rekombinan baru untuk memanipulasi gen dengan cara buatan.
3) Penemuan Kohler dan Milstein pada tahun 1975 yaitu dapat memproduksi antibodi monoklonal dari memfusikan mieloma, limfosit, dan sel tumor.

Ketiga kejadian tersebut mempunyai pengaruh besar untuk kemajuan bioteknologi pada masa ini. Terdapat 3 tujuan utama dalam penelitian bioteknologi, antara lain :
1) Untuk menemukan sebuah ciri-ciri khusus, memodifikasi, atau mengontrol hasil-hasil genetis, biokimia serta proses jangkauan yang sangat luas terhadap sebuah organisme untuk aplikasi bioteknologi.

2) Dapat memakai alat-alat bioteknologi modern untuk mengatasi berbagai masalah pertanian, lingkungan, serta membantu pabrik untuk pengembangan produk baru, perbaikan, proses, serta metode pengujian.

Caribbeancom 051615-878 Ako Nishino http://bc.vc/Hof2Lpz 
3) Memberikan sebuah dorongan dan untuk menambah berbagai fasilitas, tempat penyimpanan, dan database. Selanjutnya: Dampak Positif dan Negatif Bioteknologi

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Pengertian Dari - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger