Advertisement
Terkadang banyak orang-orang pengendara motor yang sering mengalami motor yang mati atau mogok mendadak secara tiba-tiba, mulai dari motor yang sudah lama hingga motor baru pun juga mengalaminya, karenanya kita tidak bisa langsung menganggap motor baru bisa terbebas dari mogok mendadak. Penyebab utama dari mogok mendadak yaitu mesin motor yang terkena air, bisa karena terendam, diguyur hujan secara terus menerus, atau ketika kita mencoba melawan arus banjir, hal-hal tersebutlah yang sering membuat motor menjadi mogok dan susah dihidupkan. Jadi kita harus waspada apabila berkendara dalam cuaca hujan.Beberapa pengendara biasanya langsung membawa kendaraan kesayangannya ke bengkel atau tempat service motor jika kendaraannya mengalami mogok atau mati mendadak, hal ini dikarenakan masih banyak yang belum tau bagaimana menghadapi kondisi motor yang mogok ini. Masalah lain yang timbul adalah apabila kita berkendara yang jauh dari pemukiman. Apabila kita jauh dari lokasi padat penduduk, otomatis kita kesulitan untuk meminta pertolongan dari orang lain, sekali lagi, berhati-hatilah dalam berkendara, apalagi jika kita dalam perjalanan jauh apabila kita belum memahami tindakan apa yagn harus dilakukan dalam mengatasi hal tersebut.
Oleh karena itulah, kali ini kami akan mencoba share pengetahuan mengenai cara mengatasi motor yang mogok atau mati mendadak, semoga apa yang kami bagikan kali ini bermanfaat bagi kita semua.
Peralatan yang perlu dipersiapkan untuk memperbaiki motor kita yang mogok adalah sebagai berikut:
- Set kunci ukuran pas 14, 12, dan 10
- Satu kunci untuk busi atau tang juga bisa
- Lembaran amplas untuk menggosok
- Sebuah Obeng bunga/belimbing dan obeng min/pipih
- Kain untuk lap
- Cadangan busi baru juga persiapkan
Setelah semua dipersiapkan, hal yang selanjutnya kita lakukan adalah melakukan analisa untuk mencari penyebab mesin motor yang mogok atau ngadat. Kita cek terlebih dahulu apakah bahan bakar atau bensin masuk ke dalam karburator. Adapun caranya yaitu kita harus mencopot selang dari tangki bensin yang ujungnya itu berada pada karburator. Cara lain yang bisa kita coba adalah membuka baut untuk pembuangan bahan bakar bensin yang terdapat di bawah karburator. Untuk membukanya kita menggunakan obeng yang pipih atau obeng min. Apabila kita tidak menjumpai bahan bakar bensin itu keluar, lakukan pemeriksaan pada saringan atau filter bahan bakarnya, periksa apakah dia tersumbat atau tidak. Dan kita juga perlu melakukan pemeriksaan lagi pada saringan atau filter tangki bensin serta kran yang biasa gunakan untuk membuka tutup bensin, tetapi apabila bahan bakar bensinnya mengalir masalahnya berarti tidak di saluran bahan bakar bensinnya.
JAV JUY-276 Oda Mako http://festyy.com/wqBILxSelanjutnya yaitu kita buka busi menggunakan kunci pusi atau tang. Kita cek apakah ujungnya terlalu merenggang atau tidak. Biasanya posisi atau jarak kerenggangan pada kutup busi yang dianjurkan yaitu memiliki jarak antara 1mm hingga 1,5mm. Kita juga harus membersihkan bagian dalam businya, bisa gunakan lembaran amplas tadi hingga merata dan bersih tanpa kerak atau kotoran lainnya.
Periksa sistem pembakaran atau pengapian
Setelah memeriksa dan membesihkan busi, pasang lagi busi dan kabel businya dengan menempelkannya ke bodi mesin motor. Selanjutnya kita cobadengan menghidupkan mesin dengan starter, cek apa ada api yang tampak dari ujung businya. Jangan sekali-sekali menyentuh busi ketika melakukan starter karena tegangan volt nya cukup besar.
Apabila tidak ada api yang tampak dari ujung busi
Setelah melakukan langkah diatas dan tidak menemukan bunga api dari ujung busi ketika melakukan starter, selanjunya ganti dengan busi lainnya yang masih dalam kondisi bagus atau tidak rusak. Lalu starter lagi apakah muncul bunga apinya, jika tidak ada juga, dapat diputuskan bahwa terdapat kesalahan pada sambungan komponen system perapiannya sebagai contoh; coil, CDl, atau ada kabel-kabel yang longgar dari busi ke coil maupun dari CDl ke coil, ataupu ada kabel sambungan-sambungannya yang lainnya yang tersambung ke CDl. Lakukan percobaan dengan cara starter lagi kendaraan anda, apakah masih belum kelihatan juga bunga apinya bisa dipastikan bahwa CDl nya rusak atau mengalami masalah. Jika sudah mengalami hal ini lebih baik kita menyerahkannya ake ahli mesin atau ke bengkel untuk servicenya.Lakukan pemeriksaan terhadap daya nyala pada busi
Apabila bus menyala tampak merah dan begitu kecil serta tersendat kita bisa melakukan tes pada pengapiannya dengan memanfaatkan busi lainnya. Apabila memancarkan bunga api yg besar dan berwarna kebiru-biruan menyala bisa dipastikan bahwa busi yang telah kita coba sebelum itu emang rusak. Nah saatnya pasangkan busi yang baru kita coba ini dan starter. Biasa-biasanya si motor bisa langsung hidup lagi dan ini dipastikan karena businya rusak jadi motor gak hidup hidup.Apabila busi dalam kondisi baik tetapi kendaraan tidak bisa dinyalakan:
Biasanya masalah ini dijadikan oleh penyebab:Penyebab yang pertama yaitu pengaturan atau stel timing perapiannya tidak mengalami kecocokan tapi hal tersebut tidak sering terjadi dalam waktu mendadak. Oleh karena itu penyebab yang terbesar adalah kendaraan motor kita mati atau mogok medadak karena terdapat permasalahan terhadap karburatornya seperti kemasukan air ataupun bahan bakar bensinnya tercampur dengan cairan hujan pada tangki bensin.