-->

Dampak Positif dan Negatif Bioteknologi

Advertisement
Selain terdapat manfaat bioteknologi, namun perlu diketahui juga bahwa terdapat dampak negatif bioteknologi itu sendiri, khususnya bagi orang yang tidak memahami terhadap lingkungan. Perlu diketahui bahwa terdapat etika yang harus dilakukan guna mengembangkan produk bioteknologi tersebut. Berikut beberapa dampak negatif bioteknologi :
Pengertian Bioteknologi Modern
1) Bioteknologi dapat merusak ekosistem, hal ini karena terdapat jenis-jenis tanaman transgenik sehingga menurunkan jumlah spesies di alam karena sudah tidak lagi dapat memakan tanaman transgenik tersebut.

2) Beberapa jenis hewan serta tumbuhan tertentu akan hilang. Hal ini karena dengan adanya bioteknologi tersebut maka yang terjadi hanya hewan dan tanaman tertentu yang mempunyai kualitas bagus yang akan dikembangkan.

3) Dapat mengakibatkan alergi. Hal ini karena tidak semua orang dapat cocok dengan adanya gen asing tersebut yang di masukkan ke tubuhnya. Perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi berbagai produk bioteknologi.

RDT-291 Ooishi Kaori, Kanae Renon http://bc.vc/wV7HEeF 

Manfaat Bioteknologi

Bioteknologi mempunyai banyak manfaat bioteknologi khususnya bagi kehidupan manusia dan ilmu pengetahuan. Berikut beberapa manfaat bioteknologi :

1) Dapat menghasilkan obat–obatan yang murah dan efektif, seperti pembuatan suatu hormon insulin dari menggunakan isolasi gen Bakteri E. coli.

2) Menghasilkan berbagai antibiotik yang dapat membunuh penyakit berbahaya. Saat ini sudah banyak beredar antibiotik di apotek serta harganya yang terjangkau dan efektif untuk pengobatan.

3) Dapat mengurangi pencemaran lingkungan, banyak terdapat berbagai jenis bakteri yang dapat membantu daur ulang sampah dan mampu untuk membersihkan sisa tumpahan minyak yang tumpah di laut.

4) Manfaat bioteknologi yang dapat meningkatkan hasil produksi pertanian dengan ditemukannya tanaman transgenik. Tanaman transgenik merupakan suatu tanaman yang mempunyai daya tahan tinggi terhadap berbagai macam kondisi lingkungan yang ekstrim dan tanaman tersebut juga tidak mudah diserang oleh berbagai macam jenis hama.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Pengertian Dari - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger