-->

Nilai Guna Barang

Advertisement

6 Macam Nilai guna barang sebagai Alat Pemuas Kebutuhan

1) Kegunaan bentuk(form utility)
Artinya, peningkatan kegunaan dari suatu benda yang disebabkan oleh perubahan bentuknya. Contoh: dari pohon kayu yang ada di hutan dirubah menjadi bentuk kursi, meja, lemari dan kebutuhan lainnya.

2) Kegunaan tempat (place utility)
Artinya, pertambahan kegunaan benda karena dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lain. Contoh: kapal laut akan berguna di laut daripada di daratan, baju astonot akan berguna jika dipakai di bulan daripada di dunia.

3) Kegunaan waktu (time utility)
Artinya, kegunaan suatu benda akan bertambah jika dipakai pada waktu yang tepat dan sesuai dengan manfaat benda tersebut. Contoh : Payung akan berguna jika digunakan pada saat terik matahari atau dalam keadaan cuaca sedang hujan.
J4V NHDTB-047 Aizawa Yurina, Rian Natsu, Miura Karin http://bc.vc/Xk0bU6r  
4) Kegunaan kepemilikan (ownership utility)
Artinya, kegunaan suatu benda baru terasa jika telah ada pemiliknya atau dimiliki oleh konsuman yang tepat. Contoh : Alat suntik akan berguna jika dokter yang menggunakan dan sebuah dot akan berguna untuk anak yang masih kecil (bayi) untuk menyusui

5) Guna dasar (Elementary Utility)
adalah kegunaan benda karena benda itu merupakan bahan untuk membuat benda lain. Misalnya kain percak atau kain sisa sangat berguna ditangan para orang-orang kreatif misalnya untuk membuat boneka dari kain percak, namun kain percak mungkin dianggap sampah bagi orangan yang tidak mempunyai keahlian tentang jait dan kreativitas lainnya.

6) Kegunaan Pelayanan (Service Utility)
Suatu benda dianggap mempunyai kegunaan apabila benda tersebut dapat memberi pelayanan. misal televisi mempunyai kegunaan jika dapat menyiaran acara stasiun televisi. Sumber ekonomikontekstual.com

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Pengertian Dari - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger