-->

Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Advertisement
Penawaran dalam ilmu ekonomi didefinisikan sebagai jumlah produk baik berupa barang maupun jasa yang ditawarkan oleh penjual atau produsen pada berbagai tingkat harga dalam kurun waktu tertentu. Dengan demikian dalam definisi penawaran terdapat tiga poin penting untuk dikuasai yang pertama adanya produk yang ditawarkan, yang kedua adanya tingkat harga (produk yang ditawarkan mempunyai harga tertentu), dan yang ketiga adanya kurun waktu tertentu,bisa per hari, per bulan dan sebagainya.

Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali penerapan penawaran, misalnya saja ketika anda pergi ke pasar buah, dalam pasar buah tersebut tentu anda akan melihat banyak penjual buah yang sedang menjajakan barang dagangannya, ada yang menjual anggur, jeruk, semangka dan sebagainya. Kalau kita sesuaikan definisi penawaran dengan penerapannya dalam pasar buah tersebut, maka produk yang ditawarkan dipasar buah adalah buah-buahan seperti anggur, jeruk dan sebagainya, produk yang ditawarkan oleh penjual buah mempunyai harga (tidak gratis) misalnya harga harga 1 Kg jeruk Rp 10.000.

Penawaran dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu penawaran individu dan penawaran kolektif atau penawaran pasar. Penawaran individu yaitu penawaran yang berasal dari seorang penjual, misalnya penawaran dari Hasan atau penawaran dari ardi. Penawaran kolektif atau penawaran pasar, yaitu penawaran yang merupakan kumpulan dari penawaran individu. Untuk lebih jelasnya tentang penawaran individu dan penawaran kolektif atau penawaran pasar, silahkan lihat tabel berikut ini:

Perbedaan jenis penawaran individu dan penawaran pasar

Faktor yang mempengaruhi penawaran

Setelah memahami definisi atau pengertian penawaran dan jenis penawaran maka selanjutnya anda diharapkan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran. Sebagaimana halnya permintaan, penawaran juga bersifak fluktuatif atau bersifat berubah-ubah (tidak tetap). Penawaran bisa naik dan turun atau dapat bertambah atau berkurang. Cohtohnya ketika menjelang Idul Fitri, para produsen atau penjual busana muslim baik baju koko, sarung, gamis dan sebagainya berlomba-lomba menambah penawaran. Dengan berbagai cara, produsen berusaha menarik minat pembeli agar bersedia membeli berbagai barang dan jasa yang ditawarkan misalnya dengan memberikan potongan harga terhadap barang yang dijualnya. Ada banyak faktor yang bisa memengaruhi naik turunnya penawaran, untuk lebih jelasnya silahkan pahami pemaparan berikut ini:

a)Faktor Harga Barang atau Jasa
Bila harga suatu barang atau jasa naik, penjual atau produsen akan menambah penawarannya sebaliknya apabila harga suatu barang atau jasa tertentu turun, maka penjual atau produsen akan mengurangi penawaran barang atau jasa tersebut.

b)Faktor Biaya Produksi
Jika biaya produksi suatu barang atau jasa tertentu naik maka penjual atau produsen akan menurunkan penawaran barang atau jasa tersebut, hal ini karena bila harga jual tetap sedangkan biaya produksi naik maka keuntungan yang didapat makin sedikit atau bahkan bisa mengalami kerugian. Sebaliknya, bila biaya produksi turun, penjual atau produsen akan menambah penawarannya.

c)Faktor Tingkat Teknologi
Apabila produsen dalam proses produksi barang atau jasa menggunakan teknologi modern maka hal ini dapat meningkatkan penawaran karena dengan teknologi yang modern mampu menghasilkan barang atau jasa dengan lebih cepat dan lebih banyak.

d)Faktor Jumlah Produsen
Munculnya produsen baru otomatis akan menambah penawaran karena bertambahnya jumlah barang atau jasa yang diproduksi, sebaliknya berkurangnya jumlah produksi akan mengurangi penawaran.
J4V ABP-535 Suzumura Airi http://gestyy.com/wt321P 
e)Faktor Jenis Barang atau Jasa
Apabila barang atau jasa yang ditawarkan termasuk jenis musiman maka bila datang musimnya penawaran akan meningkat sebaliknya bila musimnya lewat penawaran akan berkurang kemudian menghilang. Contoh: penawaran buah-buahan, seperti durian dan lain-lain. Pada musim durian, jumlah durian yang ditawarkan melimpah ruah. Dan bila musimnya lewat, penawaran durian berkurang lalu menghilang.

KESIMPULAN:
Penawaran adalah jumlah barang maupun jasa yang ditawarkan produsen atau penjual pada berbagai tingkat harga dalam jangka waktu tertentu. Penawaran dapat dikelompokan kedalam dua kelompok atau dua jenis yaitu penawaran individu dan penawaran kolektif atau penawaran pasar. Penawaran dipengaruhi oleh beberapa faktor sehingga penawaran bersifat tida tetap atau berubah-ubah bisa meningkat dan bisa turun.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Pengertian Dari - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger