-->

Jobdesk, Tanggung Jawab dan Tugas Operator Gudang

Advertisement

Apa itu Operator Gudang?

Gudang adalah bagian divisi produksi dan merupakan salah satu elemen penting dalam terlaksana dengan baiknya proses produksi di suatu perusahaan. Dalam hal ini salah satu posisi penting yang ada di bagian gudang adalah operator gudang. operatao berasal dari bahasa inggris, yaitu operate, yang artinya mengoperasikan, dalam hal ini operator memiliki arti seseorang yang mengoperasikan, maka dari itu, operator gudang bisa dianggap sebagai seseorang, atau sekumpulan orang yang mengoperasikan kinerja di gudang. tapi karena di gudang tidak ada mesin produksi, melainkan hanya stok barang, maka dari itu, terdapat sedikit perbedaan atara operator gudang dengan operator produksi.

#Tugas Operator Gudang Jadi

Dalam kesehariannya seorang operator gudang memiliki tugas tugas sebagai berikut.
1. Briefing Pagi
Briefing pagi (meeting pagi) dilakukan agar operator mengetahui perencanaan kerja untuk hari tersebut, hal ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahan dalam proses kerja apabila semua operator telah mengtahui tugas-tugas yang harus dilakukan pada hari itu.

2. Receiving
Bagian Operator Receiving di gudang bertugas menerima barang datang/barang masuk ke gudang. barang ini bisa berasal dari mana saja, bisa dari vendor, atau barang dari produksi yang dikembalikan

3. Stacker
Bagian stacker bertugas melakukan display barang serta menghapalkan nama nama item yang ada di gudang. Stacker ini mungkin memiliki kemiripan dengan posisi merchandise di perusahaan retail. Tapi jika di manufaktur, bisanya posisi ini ada di perusahaan garment/fast moving goods..

4. Picker
Picker adalah bagian yang bertugas mengambil barang/menyiapkan barang yang hendak dikirim atau telah dipesan oleh klien. Picker ini dalam proses kerjanya harus bekerja sama dengan bagian stacker agar proses kerja bisa lebih cepat, karena pada kenyataannya, seorang stacker tentunya lebih mengetahui nama dan lokasi barang yang dibutuhkan oleh picker.

5. Checker
Sebagaimana namanya yang berasal dari kata check, seorang checker bertugas menerima barang yang disiapkan oleh picker sebelum dikirim. Seorang checker ini dituntut untuk memiliki ketelitian yang luar biasa karena jika tidak teliti, akan terjadi kesalahan pada stok dan akan menyebabkan kesulitan pada saat dilakukan stock opname.

6. Dispatcher
Dispatcher di dalam gudang berfungsi sebagai transporter. simplenya bisa dibilang bagian pengiriman atau delivery. Tugas bagian ini tentunya untuk mengirimkan barang/produk yang telah disiapkan oleh picker dan sudah di cek oleh checker.
J4V-TCHR-005 Amano Miyuu http://festyy.com/wrnQpP  

#Tanggung Jawab Operator di Gudang Jadi

1. Memastikan barang terjaga dengan baik
2. Memastikan barang terhitung dengan baik
3. Memastikan data di Komputer sama dengan data di fisik
4. Memastikan pengiriman bisa sampai tepat waktu
5. Memastikan target kerja tercapai sesuai dengan yang telah ditentukan oleh perusahaan.
6. Menjaga dan memelihara kebersihan gudang.

#Kualifikasi Operator Gudang Jadi

Seorang operator gudang haruslah memiliki fisik yang kuat karena terkadang harus lembur hingga larut malam. selain fisik yang kuat, seorang operator gudang, terutama di gudang jadi harus memiliki ketelitian yang luar biasa karena dituntut untuk bisa memberikan informasi yang akurat bagi admin gudang. Untuk pendidikannya, Ijazah minimal SMA masih bisa diterima untuk mengisi posisi ini.

Posisi Operator gudang jadi ini dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan. tapi data ini saya peroleh dari seorang karyawan perusahaan tekstil di Purwakarta, khusunya PT. Sepatu Bata yang memproduksi sendal dan sepatu dengan merk Bata.
Sumber: http://jobdeskchambers.blogspot.co.id

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Pengertian Dari - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger