-->

Masalah Umum pada Motor Yamaha Vixion I

Advertisement
Yamaha vixion merupakan salah satu motor sport yang banyak diminati oleh penduduk Indonesia. Dan juga sebagai leader di kelas motor sport,ini mencerminkan motor ini banyak bersliweran di jalan. Oke, sebagai benda buatan manusia motor ini juga tidak sempurna alias ada masalah(bukan banyak masalah). Berdasarkan apa yang saya baca dan saya rasakan ada beberapa problem yang lumayan mengganggu. Antara lain:

  1. Pompa Bensin macet, karat dan bocor
  2. Mesin brebet/ndut2an
  3. Susah oper gigi khususnya saat dinetralkan

1. Untuk masalah yang pertama yaitu pompa bensin macet, karat, dan bocor; bila hal ini terjadi gejala yang dirasakan adalah motor sering mogok, karena ini aliran bensin yang kurang lancar ke ruang bakar. Nah yang bertugas menyuplai bensin keruang bakar ada piranti yang disebut pompa bensin, yang letaknya di dalam tangki motor. Biasanya piranti ini yang bermasalah, penyebabnya antara lain karena kelamaan berjemur di bawah terik matahari, tangki sering kosong dan memakai obat penambah oktan yang berbentuk padat dan susah hancur sehingga ada partikel yang masuk ke saluran pompa bensin dan membut pompa bensin mampet. Saluran tersebut sangat kecil ukurannya dan bersifat sensitif apalagi jika terkena panas dan tersumbat kotoran. Bila tangki sering kosong juga dapat mengakibatkan hal tersebut, logikanya seperti ini, tangki kosong berarti dinding tangki juga mongering dan jadi kerak, pada saat mengisi bensin kembali kotoran akan turun dan masuk ke saluran pompa bensin. Nah mulai sekarang dibiasakan untuk jangan terlalu sering membiarkan tangki bensin kosong.

2. Untuk masalah yang kedua yaitu mesin brebet hal ini terjadi bisa karena pemakaian knalpot yang tidak pas, kemudian bisa juga disebabkan oleh busi yang hampir mati, ataupun busi yang tidak cocok dengan vixion. Biasanya tertukar dengan businya Jupiter MX(pengalaman pribadi).

3. Masalah yang terakhir adalah susah oper gigi terutama saat dinetralkan. Yang harus dicek adalah posisi tuas penekan kopling dan dan tempatnya di tutup mesin sejajar atau tidak. Bila tidak maka kopling tidak bekerja secara sempurna. Akibatnya jelas ngoper gigi akan terasa keras dan susah. Yang bisa dilakukan adalah tuas penekan kopling dan tempat kopling di bak mesin dibikin sejajar, caranya adalah penyetelan di pangkal selang kabel kopling, dan bila masih terasa keras dilakukan juga pengecekan pada batang tuas penekan kopling. Dan harus diganti. Salah satu masalah dengan vixion sudah dibahas kemungkinan masih ada yang lain. Semoga artikel ini bisa membantu.
JAV : CMI-120 http://festyy.com/wqBNR6  
Pertanyaan-pertanyaan lain yang sering ditanyakan rider yamaha vixion:
Tanya: nduttannya si-vixi gue ga nguatin gan..!!
Jawab: kenapa gan? coba cek satu..paling gpang biasanya businya udah mati or salah busi pake punya jupiter MX.

Tanya: bagaimana cara mengatasi indikator kondisi mesin bermasalah, berkedip saat mesin hidup
Jawab: sebenarnya untuk indikator mesin yang berkedip itu mempunyai arti masing-masing dan menandakan ada kerusakan pada sistem injeksi.lebih baik segera ke bengkel resmi untuk mengecek arti kedipan pada motor mas..karena biasanya pada bengkel resmi sudah ada alat khusus untuk mendeteksi kerusakan pada sistem injeksi. CMIIW

Tanya: Vixion q pantum bensin gak naik. Ktka q bka pompa bensin yang berada d dl tngki tersebut dn langsung q sbungkan pompa tersebut dengan soket pantum bensin dan q naik.kan pelpung tsb . Pantum bensin ikut naik. Dn ketka q rend pompa tersebut d dal bensin pelpung menganmbang. Tpi Ќεήªp∂ d saat q pasang kembali pompa itu ke dal tengki dan q pasang soket itu kemudian q hidupkan sepeda.q Ќεήªp∂ pantum itu tdk naik. Tolong d bantu Iyαααº°˚ª˚°ºα•
Jawab: wah berani juga ya bro ngelepas pompa bensin sendiri, soalnya di mekanisme fuel pump agak sensitif dengan kelistrikan. saran saya sih lebih baik ke bengkel resminya aja bro.. motor injeksi memang agak nahan diri untuk ngoprek sendiri..)

Tanya: kenapa ea mtr ku pdhal ru  bulan.. tp dah brmasalah kipas mutar terus dan lampu indikator nyala trus. ky over healting. padahal spda mtr dingin tidak d idupin..
Jawab: hmnn..motor sobat dipasang aksesori yang berkaitan dengan kelistrikan tidak? contoh alarm, klakson dll. kayaknya ada konsleting pada kelistrikan motor agan.coba cek kabel kelistrikan, mungkin ada yang salah pasang or kebuka kabelnya.

Tanya: bro tau tidak na part seal shockbreaker dpn vixion. K … Brp gtu. Pny saya bocor
Jawab: BP–F– ini bro satu set seal oli shockbreker.. kalau mau cek silahkan download di http//www.yaha-motor.co.id/download/parts-catalogue/

Tanya: bro, mau nanya… Vixion saya tahun … Yang herannya  tahun perta saya cuman broti busi  bulan sekali tapi akhir ni motor saya sering merepet, masalahnya busi… Kalau udah broti busisih kembali normal cuman sbulan siap itu balik lagi penyakitnya… Gimane tu bro ?? Makasih sbelumnya..
Jawab: coba cek businya bro.. pake busi standar vixion yang kodenya CRE tidak? biasanya ada mekanik yang suka broti busi pake punyanya jupiter MX..

Tanya: brow vixion q busi sering matii,, penyebab nya apaa tuu. and solusi nya skalian ya broo
Jawab: Perta cek kode businya…standar vixion tidak. kalau udah dan kode businya sesuai…cek warnA ujung businya..pembakranya sempurna tidak? pembakaran sempurna ditandai dgn warna merah bata or kecoklatan. kalau putih atau coklat muda berarti terlalu kering kurang bensin. kalau hit dan basah berarti terlalu basah kebanyakan bensin. terus dilihat pengapiannya dicek stabil tidak..cmiiw

Tanya: bro mau tanya, motor ku lampu depannya redup sendiri ketika motor hidup dan sudah berjalanagak laan, apa lagi kalau lampu sein nya hidup ditbah lagi ngerem klaksonmalah jadi mati, .kira” knapa ya bro Jawab: maaf bro motornya vixion bukan yah? kalau vixion la pake pengapian DC, jadi arus listrik langsung dari aki. kalau bohlnya redup sendiri pas motor hidup bisa jadi ada kabel yang konslet bro..dan coba cek soketnya. nah pengecekan terakhir yah cek tegangan akinya bro.. mungkin akinya udah soak. soalnya arus DC langsung ngbil dari aki..kalo akinya aja soak berarti arusnya juga tidak keluar. CMIIW

Tanya: Bro vixion ku kalau masukin gigi  berasa banget, kasar, dan suara nya spai Gletak gitu, dan jika di rasain tiap kali masukin gigi  rantai berasa narik banget, emang begitu apa enggak ya kalau motor vixion ?
Jawab: kadang emang gitu bro..vixy saya juga kadang gitu, kalau udah gitu tandanya udah harus servis en distel kabel koplingnya untuk rante yang narik banget, mungkin stelan rantenya kekencengan bro..coba distel lagi..

Tanya: Bro Mo Tanya Vixionku kl setting co+ knalpot nembak & busi warnanya putih tp kl setting co+ busi jadi hit & kl di gas pol keluar asap abu….kenapa ya jd bingung nih
Jawab: busi putih tandanya bensinnya kurang bro, bensin hit tandanya kebanyakan bensin. untuk kasus sobat mending settingnya di co+ aja bro..trus biar tidak terlalu hit businya, coba businya diganti dengan busi platinum. biar pembakarannya makin besar.. yang pas adalah busi berwarna kecoklatan. untuk keluar asap abu-abu pas gas pol ..biasanya indikasi pembakaran terlalu kaya alias kebanyakan bensin. coba sobat servis injectornya.. mungkin udah terlalu kotor

Tanya: Tiap moe jalan kya,adha suara ! Kipas, yang berbenturan ! Tp bentar ilang, jalan ilang lagi !
Jawab: coba cek kipas radiatornya bro..mungkin ada yang rusak or ada yang menghbat putaran kipasnya

Tanya: bro, vixion gw ndutan. pas r-nya  mesin tiba kya mo mati, masalahnya kira apa tu bro? anyway
Jawab: cek ini dulu bro..mudahan bisa membantu
http//bahasotomotif.com///faktor-faktor-yang-membuat-motor-injeksi-brebet-part-/

Tanya: bro’ mohon di bantu moton vixion sya udah broti kiprok sa aki baru, tapi tiap nyalain lampu gede si mesin ngedadak mati dan susah lg hidupnya. kira kerusakannya dr mna ya.
Jawab: pas broti aki dicek tidak teganggan akinya sewaktu lampu besar dihidupkan? kemungkinan besar ada konstleting di jalur lpunya.untuk awal coba cek saklar lampu depan bro..ada kabel yang mengelupas or rusak gitu..cmiiw

Tanya: ne gua unya vixion th  , dalm beberapa hari ne kipas radiatornya idup terus walau saat mesin lum panas napa tu ,,mhn batu!!!
Jawab: sensor temperaturenya mungkin error bro..itu fungsinya untuk menghidupkan kipas bila temperatur mesin sudah dianggap panas kalau tidak salah sekitar  derajat.

Tanya: tolong motor vixion saya macet gak bisa hidup,,,dan lampu kontrol yang warna kuning terus menyala,,, bagaimana cara mengatasinya,,sedangkan daerah saya jauh dari kota dan jauh dari bengkel yaha,
Jawab: nyala terus ya bro….berarti ada sensor yang error or rusak. mungkin tabel ini bisa membantu (pinjem ya bro)http//beckhem.files.wordpress.com///tabelindicator-kerusakan-vixion.jpg. terus ada juga tabel yang menunjukan akibat sensor rusak apakah motor bisa hidup atau tidak. sarannya coba dicek kelistrikan , dan semua beban listrik dikurangi. supaya ecu mendapat supply listrik yang stabil..terus diengkol. mudahan bisa jalan.. kalau dah bisa jalan langsung dibawa ke bengkel resmi ya bro..

Tanya: bro motor vixion q.. ketika pas mo oper gigi  kurang masuk (pas), kemudian timbul suara gitu..gara-gara gigi masuknya kurang pas… “pertanyaannya apa semac itu bisa ngrusak gigi mesin ya?
Jawab: berarti ada setelan yang kurang pas bro..untuk merusak mesin mungkin tidak secara langsung bro, tapi kalau terusan bisa aja merusak gigi-gigi didal transmisi dan ke perangkat koplingnya. mungkin distel lagi aja bro koplingnya…pasti jadi panas bro..wong kalau idup kipasnya pas jalan macet aja tetep kerasa panasnya di kaki. itu ada sensor temperaturnya yang rusak bro..coba dicek aja.kipas hidup saat temperatur mesin mencapai  derajat. kalau sensornya tidak rusak berarti kipasnya yang rusak bro..biasanya sih di dino kipasnya

Tanya: bro motor v-ixion saya kalau uda panas lampu indikator suka nyala terus bro…
trus tiba” mati sendiri kenapa tu bro ??
Jawab: setiap indikator nyala berarti ada kerusakan bro, komen dibawah ada tabel arti kedipan dari lampu indikator. terus itu terasa panas bgt tidak bro mesinnya? kalau panas bgt ada indikasi motor sobat overheat atau kepanasan. coba cek air radiator dan extrafan.

Tanya: pengaruh gak bro kalau mtor nvl pke knalpot r pda sistem injeksi
Jawab: untuk pengaruh tidak..jelas berpengaruh bro..coz ada perubahan di sistem pembuangan(knalpot). tapi untuk mendapat hasil maksimal harus disetting lagi bro.. khususnya di semprotan bahan bakar.

Tanya: untuk setelan knalpot racing pada vixion,…agar suaranya mbrebet-brebet(atau di sini istilahnya setelan mbrebet)….itu gmna y bro??
Jawab: maksudnya gimana bro? biar tidak brebet ya bro? brebet itu istilah untuk kalau kita tarik gas motor tidak langsung jalan, ada jedanya..dret.dret gitu..untuk setelah knalpot racing vixion paling mudah setel lagi COnya. dan yang paling pas adalah pake piggyback sistem injeksi

Tanya: bro vixion saya kalau d gas tnggi tidak mo rata mlah brebetn tidak jelas ap lg kalau d gas agak ngebentak lbih parah, kira” kenapa y bro,,,,???
Jawab: perta cek busi bro..businya bener untuk vixion tidak? terus cek jalur bensin, termasuk filter bensin. kalau kotor dikuras bro..kadang ada air yang masuk tangki. kalau masih servis sistem injeksinya bro..)

Tanya: bro kalau injeksi vixion di buka dari tanki dan di biarkan d tempat udara terbuka kiira” ada efek nya tidak ya bro ? soal nya tanki saya lagi di cat bro , jadi injeksi nya di buka .
gimana tu bro ? maksud saya pompa bensin yang di dal tangki vixion bro ?
Jawab: tidak masalah bro..yang penting tangki bensin tidak kemasukan benda asing. dan sebaiknya sebelum dipasang lagi dikuras dan dibersihin tangkinya dulu bro..
Tanya: vixion saya cepat bnget panas nya bro ,, padahal air radiator nya full terus bro .. kalau udah panas gitu , motor saya brebet ,, kadang matii .. kalau hidup pun keluar asap hit dan brebet bro .. kenapa ya bro ?
Jawab: udah cek kipas radiatornya bro? idup tidak? kalau idup saran saya coba sobat servis besar dan bersihin kerak yang ada di silinder..

Tanya: si kuda hit saya, pada waktu kontak dinyalakan pada spidometernya kok kadang-kadang hidup,,,kadang kagak ya bro? nah, parahnya kalau lagi jalan terus gas nya dikecilin langsung mati pet bro,,dan sulit dihidupin. spido kagak hidup sa sekali. tolong ya agan,,,,,,sudah tak bawah ke bengkel resmi tpi waktu di cek g ada masalah bro, tpi kalau udah dirumah matian lagi bro…..
Jawab: koq aneh ya bro..udah coba cek akinya bro? atau sistem pengisian akinya..curiganya di sistem kelistrikan dan pengapiannya bro..apalgi udah ke bengkel resmi, harusnya sobat balik lagi ke bengkel resminya bro..biasanya masih ada garansi  minggu.

Tanya: motor saya kog gak bisa hidup y skrg ni ? padahal skring dan aki udah saya cek bro .. saya idupin kontak nya gak ada idup suara injeksi atw app gtu bro .. di aja bro .. pkq nya tidak biisa idup listrik nya bro .. knpa tu bro ?
Jawab: coba cek kontaknya bro..mungkin ada kabel yang putus or sudah rusak kontaknya..

Tanya: bro vixion saya cepat banget panas nya bro ??? gak spe  menit perjalan sudah panas banget .. kmren kipas nya gak hidup bro .. terus kipas nya saya sbung kabel sendrii ke aki bro ,, kipas nya hidup tapii sa aja panas bangett .. tlong kasih tau masalahnya dan solusi lengkap nya bro ..
Jawab: walah langsung dijumper ya kipasnya..ehhe berani juga ya bro..soalnya kipas khan idup berdasarkan sensor suhu. tapi saya juga tidak tau ngaruhnya kalau dijumper.. untuk masalah panas perta cek air radiator berkurang tidak? kalau udah ditbah tapi kurang terus berarti ada kebocoran, terus ada kemungkinan air radiatornya tidak bersirkulasi karena thermostat rusak, waterpumpnya rusak. yang terakhir kemungkinan ada setelan yang kurang pas…misal bensinnya terlalu miskin sehingga jadinya overheat(terlalu irit) oh iya satu lagi bro, ada kemungkinan putaran kipasnya udah lemah karena fungsi dinonya udah menurun

Tanya: kiira kiira kalau d bawa ke bengkel resmi nya biisa gak vixion saya sempurna lagi bro ..
dan kira” biaya nya berapa ya bro kalau d bawa k bengkel resmi ..?
Jawab: harusnya bisa bro….masak bengkel resmi tidak bisa benerin. kalau bengkel resminya tidak sanggup sobat lapor aja ke yaha pusat. untuk biayanya tergantung apa dulu yang rusak bro..

Tanya: bro knapa mtor viksen klau lagi jalan ngadat- ngdat…
Jawab: cek businya dulu bro.. bener punya vixion tidak?

Tanya: busi dan oli yang cocok dan bagus untuk vixion apa merek nya bro ?
Jawab: untuk busi yang banyak dipake aja bro..kayak NGK atau Denso. untuk motor standar coba pake busi yang tipe platinum..(ada artikelnya, dicari aja ya bro..) untuk oli yang bagus saya rekomendasi motul, tapi harganya lumayan mahal. untuk yang agak murah dan lumayan bagus biasanya saya pake pertina enduro racing
Tanya: Oli itu mahal nya berapa dan oli nya  ml gak bro ?
Jawab: kalau motul yang  sekitar rban(kalo tidak salah) bro )..iya cari yang ml.

Tanya: bro oli apa yang tidak cepat panas dan yang paling top untuk vixion ml ?
Jawab: kalau menurut saya motul a enduro racing bro..coba lihat komen sebelumnya

Tanya: bro vixion  saya kok lampu indiktor panas nya nyala setelah jalan sekitar  mnt ya, saya udah coba beberapa perbaikan diantara nyTanya: . broti thermosensor, broti thermostat, broti air radiator, service besar (sekalian check jacket coolant nya) perbaikan di atas di kerjain di  bengkel resmi tapi tetep tidak ada hasil nya . kipas radiator juga muter nya tidak setabil (kenceng,pelan,kenceng,pelan)
itu kenapa ya..?
Jawab: berarti masalahnya di dino kipasnya bro..coba dicek dulu..harusnya muternya stabil.CMIIW

Tanya: bro,aku punya vixion  udah  minggu ini motorku kl jalan jauh mesin udah panas lampu indikator warna kuning nyala terus sy udah bawa kebengkel disuruh broti ECU sa kiprok udah sy broti tapi tetep aja nyala.masalahnya apa ya bro?
Jawab: saran saya coba dicek kelistrikannya bro..dari aki spe ke pengapian dan pendinginan. kalau aki soak biasanya ditandai dengan klakson yang mendem bunyinya..trus untuk mesin kepanasan biasanya muncul lampu indikator merah yang tandanya overheat.trus banyak juga kasus yang sensor suhunya rusak..jadinya lampu indikatornya nyala terus..saran saya lagi harusnya sobat balik ke bengkelnya bro..udah diganti ECU problem masih muncul.

Tanya: kipas nya muter tidak stabil setelah lampu indikator panas nya nyala bro..klo indikator nya belum nyala kipas nya normal.. aneh nya semalem e balikin knalpot ke standart lagi (sebelum nya racing), dan tadi pagi di coba bolak-balik bekasi-karawang tidak ada masalah, lampu indikator panas nya tidak nyala lagi…. kenapa ya..? jadi makin bingung????
Jawab: wah..agak aneh juga ya bro kipasnya. kalau masalah indikator nyala(overheat) mungkin saya bisa kasih penjelasan dikit..apalagi masnya bilang pas pake knalpot racing. setahu saya gejala overheat terjadi karena  sistem pendinginan tidak sempurna,settingan yang kurang tepat. nah kayaknya vixionnya kena gejala settingan yang tidak pas karena udah broti knalpot racing..pergantian knalpot racing harus juga dibarengin ubahan disettingan bensin dan udara. kemungkinan besar setelah broti knalpot racing settingannya terlalu kering alias kurang bensin..jadi timbul gejala panas yang berlebihan. coba masnya setting COnya or..kalo kurang berarti masnya harus broti ECU or piggyback racing atau broti injector yang lebih banyak menyemprotkan bensin… CMIIW

Tanya: klw api busi ad bensin ad, terus lmpu indi kator nya yang wrna kuning di spedometer slalu br kedip, jdi swktu d selah atw di stater br kdip truss, mtor pun jdi tidak hdupp, kerusakan di mna nya tuh bron???
Jawab: coba cek di tabel arti kedipan lampu ECU, ada di komen sebelumnya bro..jadi tiap kedipan itu ada artinya bro..dibedain sa panjang pendeknya lpunya berkedip. coba diperhatikan aja bro.. CMIWW

Tanya: mesin saya kok kasar bunyi nya ,, di bawa jalan pun gak ada lari nya nya ,, kenapa tuh bro
Jawab: kasarnya gimana bro? pe bunyi aneh tidak? sobat pake oli encer apa kental(coba dilihat spesifikasi olinya?) biasanya kalau pake oli encer memang suara mesin terdengar lebih kasar. terus untuk vixion yang tidak lari.. biasanya karena kpas kopling yang sudah habis, dan itu normal untuk vixion yang umurnya udah tahunan.
Tanya: terus apa nya yang harus di perbaiki bro .. agar vixion saya suara nya halus dan ada lari nya ,, kencang .. wuuussssssssss
Jawab: coba diganti kpas koplingnya bro..sekalian servis besar+ganti oli. mudahan membantu

Tanya: asal dihidupkan mesin ny brebet gitu bro seperti abis minyak (terkadang la menyala)..busi uda diganti pake NGK, terus knalpot nya saya pake knalpot FU yang uda dibelah bro..
mohon solusi nya..
Jawab: kayaknya itu gejala kekurangan bensin bro..coba setting lagi CO nya, kalau memang sudah tidak bs disetting COnya(setelannya mentok) masnya harus pake piggyback or ECU stand alone untuk settingan mesin.

Tanya: kalau setting CO + di BeRes yaha kira biaya nya berapa yaa mas?? terus mas bilang kalau setting CO nya uda mentok, harus pake piggyback or ECU stand alone biaya nya kira kena berapa juga mas..??
Jawab: kalau untuk setting CO aja saya kurang tau mas..setau saya setting CO termasuk agenda wajib pas servis rutin. coba ditanyakan langsung aja.. untuk harga piggyback atau ECU stand alone sekitar sejutaan mas, pilih produk lokal sudah banyak tersedia dipasaran salah satunya BRT juken, iquteche, speedsparks dll. kualitasnya bagus dan terjin koq bro..

gan motor vixion saya kalau dinyalain nyalanya lma bgt,jd musti w bantu pke stater kaki bru bisa nyala itu kira knapa y bro tolong dibantu ya

starter elektriknya hidup tidak bro? klaksonnya bunyinya nyaring tidak? kalau starter elektrik hidup tapi tidak “ngangkat” dan bunyi klakson yang tidak nyaring, kemungkinan akinya udah soak bro..coba cek tegangan akinya.

nyala smua bro g ad yang mati.
jdi problemnya cma lma ngangkatnya aj tolong sarannya and makasi y bro

kalo semuanya hidup berarti mungkin masalahnya ada pada komponen starter elektriknya, ada pada settingan bensinya kurang banyak atau ada kerusakan pada sensor Idle Speed Control(ISC) yang bertugas menjaga putaran mesin(pada saat mesin dingin maka putaran mesin akan naik) CMIIW

Tanya: Vixion saya kog sudah gak ada lari nya lagi bro ? kayak berat gitu tarikan nya .. belom spai habis gas nya udah bergetar semua bro .. terus suaranya kasar banget bro .. gak bisa d bawa laju.. kira” gak spai  bro kcepatan nya bro .. kira” kenapa ya bro ..bantu saya bro
Jawab: coba sobat servis besar dulu, terus cek silinder, klep dll. kalau memang tidak presisi harus diganti, bila cuma kotor dibersihkan keraknya. terus lanjut ke cek dan bersihkan injeksinya,dan pengecekan jalur bahan bakar, sekali lagi bila kotor wajib dibersihkan. terkakhir coba cek pengapian dan cek kpas kopling, bila habis wajib diganti.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Pengertian Dari - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger