-->

Pengertian Artikel Secara Etimologi dan Menurut Para Ahli

Advertisement

Pengertian Artikel

Artikel merupakan suatu karya tulis yang mempunyai sifat faktual serta terdapat pendapat atau ide seseorang mengenai masalah tertentu. Artikel memiliki tujuan untuk mendidik, mempengaruhi, memberitahu, meyakinkan, atau dapat menghibur dengan cara mempublikasikannya. Berita terdapat di surat kabar atau majalah merupakan salah satu dari bentuk penulisan artikel yang dibuat guna menyampaikan berita.

Begitu juga dengan berbagai tulisan yang terdapat di internet baik itu blog ataupun website yang merupakan salah satu dari bentuk penulisan artikel. Namun, tidak semua dari bentuk penulisan yang terdapat dalam berita merupakan artikel. Terdapat ciri-ciri artikel dan hal ini karena, bentuk tulisan dari artikel itu mudah serta memakai gaya bahasa sederhana sehingga akan membentuk suatu tulisan yang disebut sebagai artikel.

Pengertian Artikel
Penulisan artikel dilakukan oleh individu yang akan mengarang tulisan, menggabungkan kata-kata menjadi kalimat yang menarik dan enak dibaca sehingga dapat membuat pembaca mengetahui serta merasakan apa yang sebelumnya tidak para pembaca ketahui sebelumnya. Untuk lebih lengkapnya, berikut pengertian artikel menurut para ahli.
CHN-119 Kumakura Shouko http://bc.vc/UHgkeli 

Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian Artikel Menurut Para Ahli
Secara tidak langsung, bahwa hampir setiap hari kita selalu membaca sebuah artikel. Artikel ialah suatu karangan faktual dan mempunyai tujuan guna menyampaikan gagasan atau fakta yang dapat meyakinkan, menghibur, dan mendidik. Artikel dapat ditemukan melalui berbagai media seperti majalah, koran, dan sebagainya. Agar dapat menambah pengetahuan tentang pengertian artikel, berikut pengertian artikel menurut para ahli.
  1. KBBI
  2. Artikel merupakan karya tulis secara lengkap, seperti esai pada majalah atau laporan surat kabar, dan lain sebagainya.
  3. Sumandiria
  4. Artikel ialah karya tulis lepas yang isinya berupa opini yang membahas tentang masalah yang sifatnya aktual dan biasanya bersifat kontroversial dengan tujuan menghibur, memberitahu, mempengaruhi, dan meyakinkan para pembaca.
  5. Al-‘Aqli
  6. Artikel adalah karya tulis yang ditulis oleh masing-masing disiplin ilmu serta setiap pembahasan tersebut dikaji dan juga diselesaikan dengan tuntas, jelas, serta lugas sehingga pembaca dapat mengambil inti sari dari karya tulis tersebut. Lanjtukan Membaca: Ciri-Ciri Artikel

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Pengertian Dari - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger