-->

Keterampilan Manajer

Advertisement

Robert L. Katz pada tahun 1970-an berpendapat bahwa manajer memerlukan paling tidak 3 keterampilan dasar. 3 keterampilan dasar yang dimaksud tersebut antara lain :
  1. Keterampilan konseptual
    Manajer puncak harus mempunyai keterampilan dalam membuat gagasan, konsep, dan ide untuk kemajuan organisasi. Gagasan atau konsep tersebut lalu dijabarkan menjadi rencana kegiatan guna merealisasikan gagasan, ide, atau konsep tersebut. Proses penjabaran ide tersebut pada umumnya dapat disebut sebagai proses perencanaan. Oleh sebab itu, keterampilan konsepsional adalah keterampilan guna membuat rencana kerja.
  2. Keterampilan dalam berkomunikasi dengan orang lain
    Seorang manajer juga harus mempunyai keterampilan dalam berkomunikasi atau dapat disebut sebagai keterampilan kemanusiaan. Adanya komunikasi persuasif harus diciptakan oleh seorang manajer terhadap bawahannya. Dengan adanya komunikasi yang persuasif dan bersahabat dapat membuat para karyawan lebih merasa dihargai serta mereka dapat bersikap lebih terbuka kepada pimpinan. Keterampilan dalam berkomunikasi sangatlah diperlukan.
  3. Keterampilan teknis
    Keterampilan teknik biasanya adalah bekal untuk para manajer yang ada di tingkat lebih rendah. Keterampilan ini adalah kemampuan dalam menjalankan pekerjaan tertentu, seperti memakai program komputer, akuntansi, memperbaiki mesin, dan lain sebagainya.
IPX-041 Shizuku http://bc.vc/QenAX45 
Selain 3 keterampilan dasar di atas, Ricky W. Griffin kemudian menambahkan 2 keterampilan dasar yang harus dipunyai oleh seorang manajer, antara lain :
  1. Keterampilan manajemen waktu
    Keterampilan ini lebih menitikberatkan pada kemampuan manajer dalam memakai menggunakan waktu yang dimiliki dengan bijaksana. Ricky W. Griffin memberi contoh pada kasus Lew Frankfort dari Coach. Tahun 2004, sebagai seorang manajer, Lew Frankfort memiliki gaji sebesar $2.000.000 per tahun. Apabila diasumsikan bahwa jika dia bekerja sekitar 50 jam dalam 1 minggu dengan memiliki cuti 2 minggu, maka gaji dari Lew Frankfort untuk 1 jamnya adalah $800 atau sekitar $13 per menit.
    Oleh sebab itu dari kasus Lew Frankfort bahwa setiap menit yang terbuang dapat merugikan perusahaan tersebut. Kebanyakan manajer pada umumnya mendapatkan gaji yang tidak sebesar Lew Frankfort. Namun, waktu seorang manajer sangatlah berharga dan menyianyiakan waktu berarti membuang uang serta mengurangi produktivitas dari perusahaan.
  2. Keterampilan membuat keputusan
    Keterampilan ini untuk mendefinisikan masalah serta menentukan dengan cara terbaik dalam memecahkannya. Keterampilan dalam membuat keputusan sangatlah penting bagi manajer, khususnya untuk kelompok manajer puncak. Ricky W. Griffin mengajukan 3 langkah dalam membuat keputusan.
      1) Manajer harus dapat menjelaskan masalah serta mencari alternatif-alternatif yang diambil untuk menyelesaikan masalah tersebut.
      2) Manajer harus dapat mengevaluasi tiap alternatif-alternatif yang ada serta memilih alternatif yang dianggap paling baik dibanding yang lain.
      3) Manajer harus dapat mengimplementasikan alternatif yang sebelumnya sudah ia pilih dan mengevaluasi serta mengawasi supaya tetap ada di jalur yang benar.
ADN-049 Mori Nanako http://bc.vc/wDmA1jY 
Apabila dilihat dari sisi kemampuan dalam manajerial dan berfikir, maka semakin tinggi tingkat kedudukan pada seseorang dalam organisasi maka akan lebih dituntut kemampuannya dalam hal sebagai berikut : membuat konsep mengenai arah, menentukan strategi, memahami, serta dapat menguasai konsep secara Makro. Adapun sebaliknya, semakin rendah kedudukan pada seseorang dalam organisasi maka akan lebih dituntut kemampuannya dalam hal : kemampuan secara mikro dan teknis operasional.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Pengertian Dari - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger