-->

Contoh Soal Hitungan Keseimbangan Harga dan Jumlah

Advertisement
Untuk menghitung harga dan jumlah keseimbangan berdasarkan fungsi permintaan dan fungsi penawaran maka dapat menggunakan rumus syarat keseimbangan, yaitu sebagai berikut:

Qd = Qs atau Pd =Ps

Keterangan:
Qd = jumlah yang diminta
Pd = harga yang diminta
Qs = jumlah yang ditawarkan
Ps = harga yang ditawarkan
Berdasarkan rumus diatas maka terlihat ada dua buah rumus yang pertama Qd = Qs dan yang kedua Pd = Ps, lalu kapan kita gunakan rumus yang pertama kapan kita menggunakan rumus yang kedua? Kita dapat menggunakan rumus yang pertama jika dalam soal fungsi yang diketahui dalam bentuk Q = ..., sedangkan kita menggunakan rumus yang kedua ketika dalam soal diketahui dalam bentuk P = ...,Agar lebih memahami langkah dalam menghitung harga dan jumlah keseimbangan maka dibawah ini diberikan beberapa contoh soal dan pembahasanya, silahkan pahami penjelasan berikut ini:

rumus yang digunakan untuk mencari harga keseimbangan

Contoh pertama:
Diketahui fungsi permintaan Qd = 40 – P dan fungsi penawaran Qs = 4P –50. Tentukanlah berapa harga dan jumlah keseimbangan!

Jawab: Syarat keseimbangan adalah Qd = Qs
         Qd =  Qs
     40 – P =  4P – 50
   - P – 4P =  -50 – 40
       - 5P =  -90
          P =  -90 : -5  
          P = 18

Diperoleh harga keseimbangan (P) = 18. Untuk mencari jumlah keseimbangan (Q) kita harus memasukkan harga keseimbangan sebesar 18 ke salah satu fungsi di atas boleh memasukan ke dalam fungsi permintaan boleh memasukan ke dalam fungsi penawaran.

         Q = 40 – P
         Q = 40 – 18
         Q = 22

Berdasarkan perhitungan di atas maka didapat jumlah keseimbangan sebesar 22.
Contoh kedua:
Diketahui:
Fungsi permintaan Pd = –2Q + 150 dan fungsi penawaran Ps = Q + 60. Tentukanlah harga dan jumlah keseimbangannya!

Jawab:
Syarat keseimbangan adalah Pd = Ps
        Pd = Ps
 –2Q + 150 = Q + 60
 –2Q – Q   = 60 – 150
       –3Q = – 90
         Q = 30

Diperoleh jumlah keseimbangan sebesar 30. Untuk mencari harga keseimbangan, maka kita harus memasukan jumlah keseimbangan yang telah ditemukan yaitu sebesar 30 ke dalam salah satu fungsi, boleh permintaan maupun fungsi penawaran, pilihlah yang menurut anda mudah.

        P = Q + 60
        P = 30 – 60
        P = 90

Maka diperoleh harga keseimbangan sebesar 90.
J4V BBAN-152 Miyazaki Aya, Shiina Sora, Mari Rika http://gestyy.com/wt34id  
KESIMPULAN:
Dalam menghitung harga dan jumlah keseimbangan maka kita harus menggunakan rumus syarat keseimbangan Qd = Qs atau Pd = Ps. Kita dapat menggunakan salah satu syarat keseimbangan dalam menghitung harga dan jumlah keseimbangan pilihlah salah satu syarat sesuai dengan data yang diketahui dalam soal.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Pengertian Dari - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger