-->

Cara Mencegah dan Mengatasi Perhiasan Perak dari Menghitam

Advertisement
Perhiasan perak kerap berubah warna menjadi kehitaman karena adanya proses oksidasi. Agar hal ini tak menimpa perhiasan perak kesayangan Anda, yuk ikuti tips berikut ini!

Perak menjadi salah satu logam perhiasan yang diminati oleh masyarakat. Selain karena mudah dibentuk, perak juga memiliki harga yang lebih murah dibandingkan emas. Sayangnya di balik keunggulan tersebut, perak memiliki kekurangan yaitu mudah berubah warna menjadi kekuningan atau kehitam-hitaman.

Namun tak perlu khawatir, perubahan warna pada perhiasan perak sebenarnya bisa dicegah, lho! Bagaimana caranya? Anda bisa lakukan 3 cara berikut ini. 

1) Pilih bahan pembersih perhiasan yang tepat
Selain perlu dibersihkan secara teratur, Anda juga harus memilih pembersih perhiasan yang tepat untuk mencegah timbulnya noda atau oksidasi pada perhiasan perak. Ada beberapa opsi bahan pembersih yang bisa Anda gunakan, diantaranya adalah larutan air garam, pasta gigi hingga pembersih khusus untuk perhiasan perak yang berbentuk cairan maupun kain pembersih.

Saat membersihkannya, pastikan Anda tidak menggunakan peralatan pembersih yang terbuat dari karet atau stainless steel. Sebab, kedua bahan ini dapat merusak perhiasan perak Anda.

2) Bersihkan perhiasan sesering mungkin
Makanan yang mengandung sulfur atau memiliki sifat asam dan asin seperti telur, garam meja, bawang, mayonnaise, beberapa buah-buahan dan cuka, jika terpapar pada perhiasan perak ternyata dapat menimbulkan noda dan memicu kerusakan, lho! Oleh karena itu, pastikan Anda tak mengenakan perhiasan perak saat sedang mengonsumsi makanan-makanan ini, ya. Jika tak sengaja terpapar, sebaiknya Anda segera membersihkan perhiasan perak agar tak memicu timbulnya noda kehitaman atau kerusakan.
HUSR-113 Choi Lin, Jang Min http://destyy.com/wqWiCO 
Semakin sering Anda kenakan, berarti semakin sering juga perhiasan perak kesayangan Anda perlu untuk dibersihkan. Lalu bagaimana dengan perhiasan perak yang jarang dikenakan, apakah tetap perlu membersihkannya sesering mungkin? Jawabannya adalah ya, sebab suhu udara lembab akan membuat perhiasan perak yang disimpan, berubah warna menjadi kekuningan atau kehitaman. Pembersihan yang dilakukan secara rutin akan membuat perhiasan perak Anda tak cepat teroksidasi.

3) Simpan perhiasan dengan benar
Setelah dibersihkan, sekarang adalah waktunya untuk menyimpannya dengan benar. Bungkus perhiasan perak Anda dengan tisu bebas asam atau kertas anti noda terlebih dahulu, sebelum Anda memasukkannya ke dalam tempat penyimpanan perhiasan. Anda juga bisa menggunakan kain flannel sebagai penganti tisu atau kertas anti noda.

Selalu simpan perhiasan perak di tempat yang kering dan terhindar dari apapun yang mengandung bahan karet, besi anti karat serta cat agar tak mengalami kerusakan. Sumber https://www.orori.com/ororeads/takut-perhiasan-perak-jadi-hitam-atasi-dengan-3-cara-ini-

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Pengertian Dari - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger