-->

Pengertian Matriks Dan Contohnya

Advertisement
Pengertian Matriks adalah susunan bilangan–bilangan yang diatur menurut baris dan kolom dan dibatasi dengan kurung.
Bilangan – bilangan pada matriks disebut elemen – elemen matriks. Suatu matriks ditandai dengan huruf besar,  misalnya matriks A, B, C, M, N, P, ... dst.
Berikut contoh sebuah matriks :
  • Nama matriks adalah matriks A 
  • Ordo suatu matriks ditulis sebagai perkalian dua buah bilangan bulat positifdengan bilangan pertama menyatakan benyaknya baris, dan bilangan kedua menyatakan banyaknya kolom. Untuk matriks A di atas ordonya 3x2 atau dinotasikan A 3x2. 
  • Elemen elemen pada : baris pertama : 2 dan -1, baris kedua : 10 dan 6, baris ketiga : 7 dan - 3, kolom pertama : 2, 10 dan 7, kolom kedua : -1, 6, dan -3 
  • a11 menyatakan elemen matriks A pada baris pertama kolom pertama, a12 menyatakan elemen matriks A pada baris pertama kolom kedua, aij menyatakan elemen matriks A pada baris ke - i kolom ke - j, maka : a11 = 2, a 12 = -1, a21= 10, a22 = 6, a31 = 7, dan a 32 = - 3.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Pengertian Dari - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger