-->

Pengertian Interaksi Sosial

Advertisement
Dalam menjalani kehidupan, pasti semua orang membutuhkan adanya bantuan dari orang lain, yang pada akhirnya melibatkan kebutuhan dari orang-orang sehingga membuat banyak orang tersebut melakukan interaksi. Adanya interaksi tersebut tidak dapat untuk dihindari, hal ini karena pada dasarnya hampir semua orang setiap harinya melakukan interaksi dengan sesama manusia yang lainnya. Berikut pengertian interaksi sosial.

Pengertian Interaksi Sosial

Interaksi merupakan suatu hubungan yang terjadi serta saling mempengaruhi. Hubungan tersebut dapat terjadi untuk individu dan juga kelompok. Pada akhirnya dapat menimbulkan pengaruh antara satu dengan yang lainnya. Kesimpulan dari pengertian interaksi sosial ialah melakukan suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu maupun kelompok yang satu dengan yang lainnya dan mempunyai hubungan timbal balik sehingga akan menimbulkan kegiatan baru baik itu kerjasama positif atau bahkan dapat membuat pertikaian. Untuk lebih lengkapnya, berikut pengertian interaksi sosial menurut para ahli.
Pengertian Interaksi Sosial

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

  1. Gilin
    Gilin berpendapat bahwa pengertian interaksi sosial adalah suatu hubungan sosial yang dinamis serta menyangkut hubungan antar individu dan juga kelompok atau dapat menyangkut hubungan antarkelompok.
  2. Macionis
    Pengertian interaksi sosial merupakan suatu proses bertindak serta membalas tindakan yang dilakukan oleh seseorang dalam sebuah hubungan dengan orang lain.
  3. Soerjono Soekanto
    Interaksi sosial merupakan sebuah proses sosial tentang berbagai cara berhubungan yang dapat untuk dilihat apabila individu dan kelompok sosial untuk saling bertemu dan menentukan sistem serta hubungan sosial.
  4. Broom dan Selznic
    Interaksi sosial ialah sebuah proses dalam bertindak yang dilandasi dengan adanya kesadaran orang lain serta proses dalam menyesuaikan respon (tindak balasan) yang sesuai dengan tindakan orang lain tersebut.
  5. Kimball Young dan Raymond W. Mack
    Berpendapat bahwa pengertian interaksi sosial adalah suatu hubungan sosial yang sifatnya dinamis serta menyangkut hubungan antarindividu, atau individu dengan kelompok, ataupun kelompok dengan kelompok yang lainnya.
  6. Homans
    Pengertian interaksi sosial merupakan kejadian ketika suatu aktivitas yang sebelumnya dilakukan seseorang terhadap individu yang lainnya diberi ganjaran ataupun sebuah hukuman dengan memakai tindakan oleh yang menjadi pasangannya tersebut.
  7. Walgito
    Interaksi sosial merupakan sebuah hubungan timbal balik antar individu. Individu yang satu dapat untuk mempengaruhi individu yang lainnya ataupun sebaliknya antara kelompok dengan kelompok atau individu dengan kelompok.
  8. Murdiyatmo dan Handayani
    Pengertian interaksi sosial adalah suatu hubungan yang terjadi antar manusia satu sama lain yang dapat menghasilkan proses untuk saling pengaruh mempengaruhi, sehingga dapat menghasilkan hubungan yang tetap serta memungkinkan untuk pembentukan struktur sosial.
  9. Bonner
    Interaksi sosial merupakan hubungan antara 2 orang atau lebih, yang mana tindakan dari seorang individu dapat mempengaruhi atau mengubah individu lain ataupun sebaliknya.
NSPS-637 Mishima Natsuko http://festyy.com/wuyamj 
Dalam sebuah interaksi sosial tidak semua dapat berjalan lancar dan bernilai positif, terdapat banyak hal yang dapat mempengaruhi terjadinya interaksi sosial tersebut dan dapat menimbulkan interaksi sosial yang negatif. Interaksi sosial yang menjadi suatu syarat utama terjadinya berbagai aktivitas sosial ini adalah sebuah hubungan sosial yang dinamis. Interaksi sosial terkait hubungannya dengan antarperorangan, antarkelompok, maupun antara individu dengan kelompok.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Pengertian Dari - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger