-->

Pengertian Hormon

Advertisement
Secara umum, pengertian hormon merupakan suatu zat kimia yang dihasilkan oleh organ-organ tubuh tertentu dari kelenjar endokrin yang berfungsi guna memacu fungsi organ-organ tubuh tertentu. Istilah kata hormon berasal dari kata "hormein" yang merupakan bahasa yunani yaang berarti memacu, atau kata hormao yang berarti membangkitkan atau menggairahkan. Semua organisme yang termasuk bersifat multiseluler antara lain : manusia, tumbuhan, dan hewan memproduksi hormon. Hormon mempunyai peran penting untuk mengendalikan proses metabolisme, pertumbuhan, reproduksi, kekebalan, serta pola hidup manusia itu sendiri.

Berbagai jenis hormon diproduksi oleh kelenjar yang bernama kelenjar endokrin. Kelenjar endokrin sangatlah bermacam-macam, antara lain : macam-macam kelenjar endokrin adalah kelenjar pankreas, kelenjar hipotalamus, kelenjar ovarium, kelenjar pencernaan, kelenjar timus, kelenjar tiroid, kelenjar hipofisis, kelenjar adrenal.
Pengertian Hormon
Hormon tidak mempunyai suatu saluran sehingga pada sekresinya sehingga masuk ke aliran darah dengan mengikuti peredaran darah tersebut ke seluruh tubuh, jika sudah sampai ke organ tertentu, hormon tersebut kemudian merangsang terjadinya perubahan. Perubahan yang dimaksud tersebut pada umumnya dengan jangka waktu panjang, contohnya pertumbuhan serta pemasakan seksual, akan tetapi terdapat suatu hormon yang mempunyai waktu relatif lebih pendek seperti kejadian yang menakutkan.
Caribbeancom 042216-142 Mihono http://festyy.com/wuydLq 
Pengertian hormon mempunyai peran penting dalam proses metabolisme, sama seperti hal nya enzim. Namun terdapat perbedaan antara hormon dengan enzim. Enzim mempunyai kemampuan guna mempercepat reaksi metabolisme. Pengertian hormon memiliki peran dalam menentukan tingkat metabolisme dan mengontrol fungsi tubuh. Fungsi dan Peranan Hormon.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Pengertian Dari - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger