-->

Pengertian dan Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Advertisement

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi yaitu suatu paragraf yang memuat informasi mengenai suatu tahapan “mengapa” dan “bagaimana” meliputi peristiwa-peristiwa alam, ilmu pengetahuan, budaya, sosial dan sebagainya.

Hubungan sebab akibat dan sebuah proses pastinya selalu ada di setiap peristiwa di sekitar lingkungan kita. Selain kita mengamati dan merasakan berbagai peristiwa atau kejadian tersebut, kita juga bisa mempelajari polanya dengan aspek “Mengapa” dan “Bagaimana”  terjadinya peristiwa itu.

Demikianlah uraian tentang pengertian teks eksplanasi. Supaya ada gambaran lebih lanjut dan mendalam terkait teks eksplanasi, berikut ini akan kami tampilkan ciri ciri teks eksplanasi dan struktur teks eksplanasi.
Caribbeancom 122216-329 Kurumi Chino http://bc.vc/vKywtrf 

Ciri Ciri Teks Eksplanasi

Supaya mudah dalam membedakannya dengan jenis teks yang lain, ada 3 ciri pada Teks eksplanasi. Berikut adalah ciri ciri teks eksplanasi :

  1. Berisikan peristiwa yang nyata atau fakta
  2. Struktunya ada tiga yaitu pernyataan umum, sebab akibat, & intrepretasi.
  3. Fakta informasi sifatnya ilmiah. Berikutnya: Struktur dan Tata Bahasa Teks Eksplanasi

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Pengertian Dari - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger