-->

3 Contoh Teks Eksplanasi

Advertisement

Gempa Bumi

Pernyataan Umum :

Gempa bumi adalah suatu goncangan atau getaran yang disebabkan adanya pergerakan atau pergeseran lapisan batu bumi yang asalnya dari dasar permukaan bumi.

Ada beberapa daerah yang sering kali terkena guncangan gempa bumi, yaitu daearh dekat gunung berapi yang aktif dan daerah-daerah sepanjang lautan luas.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Karena adanya gerakan atau pergeseran lapisan dasar bumi dan meletusnya gunung berapi yang begitu kuat, akhirnya menyebabkan gempa bumi. Tidak hanya itu, terjadinya gempa bumi sangatlah cepat dan efeknya sangat terasa terhadap lingkungan sekitar.

Getaran gempa bumi yang amat kuat dan menyebar ke semua penjuru arah, yang pada akhirnya semua bangunan menjadi rata dan membawa korban jiwa. Menurut penyebab terjadinya, ada 2 jenis untuk penggolongan gempa bumi yakni gempa tektonik dan gempa vulkanik.

Penyebab terjadinya gempa tektonik yaitu melunaknya lapisan kerak bumi yang mana dapat mengakibatkan pergerakan atau pergeseran.

Menurut teori tektonik plate menerangkan bahwasanya ada beberapa lapisan buatan yang menjadi bagian bumi kita ini.

Kebanyakan daerah yang berlapis kerak ini nantinya hanyut serta mengapung di suatu lapisan, sama seperti salju. Pergerakan lapisan ini begitu pelan, sehingga lapisan satu dengan lainnya bertabrakan dan terpecah-pecah.

Hal yang demikianlah yang menjadi penyebab kenapa gempa bumi bisa terjadi. Sedangkan gempa bumi vulkanik adalah gempa yang terjadi disebabkan gunung berapi yang berukuran besar meletus. Dibandingkan dengan gempa tektonik, terjadinya gempa bumi vulkanik amat jarang sekali.

Intrepretasi

Tanpa mengenal musim, terjadinya gempa bisa di waktu kapan saja. Walaupun begitu, terjadinya gempa seringnya di area-area tertentu saja, misalnya pada perbatasan plat pacifik. Karena sebagian besar dikelilingi gunung berapi, maka tempat tersebut dinamakan dengan lingkaran api.

Gunung Meletus

Pernyataan Umum :

Gunung meletus termasuk dari fenomena alami alami yang mana terjadinya disebabkan terdapat endapan magma yang berada di perut bumi dan gas-gas yang menyemburkannya dengan kekuatan besar. Letusan gunung berapi termasuk diantara bencana alam yang amat besar.

Meskipun demikian, ada sebagian gunung berapi yang tercipta karena adanya letusan yang begitu hebat tersebut.

Daftar gunung berapi yang aktif di Indonesia yaitu tinggi gunung Merapi Gunung Krakatau gunung Toba Gunung Tambora Gunung Kerinci dan masih terdapat banyak lagi yang lain.

Runtutan penjelasan sebab akibat

Karena ada hubungan secara langsung dengan batas lempeng bumi, sebagian besar aktivitas gunung berapi berhubungan dengan zona kegempaan yang aktif. Salah satu tanda sebelum meletusnya gunung berapi yaitu adanya aktivitas seperti Perubahan tekanan dan suhu signifikan pada batas lempeng bumi.

Sehingga dapat menyebabkan melelehkan berbagai material batuan di sekelilingnya itu, yang umumnya orang-orang menyebutnya sebagai cairan pijar atau magma.

Material-material yang berada di dekatnya akan di instruksi oleh magma lewat rekahan-rekahan yang mendekati permukaan bumi.
Adapun magma terbentuk karena di dalam perut bumi terdapat suhu yang sangat panas.

Kemudian gas-gas akan kirimkan oleh adanya material-material dan kemudian gas-gas tersebut tercampur dengan magma.

Adapun pembentukan magma berada di kedalaman kira-kira 60 hingga 160 km pada bawah permukaan bumi.

Lalu magma yang terdapat gas nya terletak di bawah tekanan batu-batuan keras yang ada di sekeliling kawah.

Akibat dari adanya tekanan tersebut, akhirnya gunung meletus mengeluarkan magma halo Makna tersebut mengalir keluar menuju permukaan bumi.

Magma serta gas di waktu yang sama, sama-sama meledak lalu menciptakan lubang yang mana pada umumnya dinamakan dengan lubang utama.

Dari lubang inilah kemudian kebanyakan dari materi-materi vulkanik seperti magma dan lainnya disemburkan.

Ketika semburan sudah selesai, pada umumnya kawah yang mirip Mangkok ini berada di area puncak gunung berapi.

Selain itu, lubang utama terdapat pada dasar kawah itu.

Adanya letusan gunung berapi disebut memiliki efek kepada lingkungan baik yang bersifat positif maupun yang bersifat negatif. Adapun dampak positif dari adanya letusan gunung berapi yaitu suburnya lahan, hasil dari perut bumi seperti material-material bisa dibuat untuk mata pencaharian masyarakat area wisata alam energi panas bumi dan sumber daya air.

Sedangkan untuk dampak negatifnya dari adanya letusan gunung berapi yaitu ada efek langsung dan efek yang tidak langsung yang bisa dirasakan manusia ataupun makhluk hidup yang lain.

Untuk efek langsungnya yaitu Misalnya debu vulkanik gas beracun awan panas jatuhan piroklastik yang berasal dari gunung berapi itu.
Runaway Ride http://bc.vc/IwKsz3N 
Sedangkan efek tidak langsung seperti hujan lahar, area perkebunan dan pertanian rusak dan menimbulkan beragam macam penyakit misalnya penyakit saluran pernapasan.

Interpretasi:

Maka dari itu, hingga saat sekarang adanya gunung berapi terus jadi suatu hal yang mengerikan bagi masyarakat. Sebab dari adanya kehebatan letusan gunung berapi juga bisa memecah pulau dan menciptakan danau.

Contoh teks eksplanasi fenomena sosial

Pernyataan umum :

Definisi dari sampah itu sendiri yaitu adalah suatu benda ataupun barang yang telah tidak dimanfaatkan lagi dan keberadaannya amat mengganggu kesehatan masyarakat di sekitar. Jenis sampah terbagi atas dua macam, yakni sampah organik dan sampah non-organik.

Sampah organik merupakan sampah yang gampang terurai oleh bakteri misalnya daun-daun kering sayuran serta bekas makanan.

Sampah organik bisa dimanfaatkan untuk dijadikan kompos ataupun pupuk bagi tumbuhan.

Sementara sampah anorgani yaitu jenis sampah yang sulit untuk diuraikan, misalnya Botol kaleng plastik dan jenisnya.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi keberadaan sampah organik yaitu dengan diolah atau didaur ulang untuk dijadikan suatu barang yang memiliki nilai jual yang amat tinggi.

Runtutan penjelasan sebab akibat

Sampah termasuk di antara fenomena yang kali kita jumpai di sekitar lingkungan masyarakat awal mulanya sampah-sampah biasa berserakan di sekeliling kita akan tetapi sampah itu menimbulkan dampak yang dapat dirasakan. Misalnya banjir, tanah longsor, dan sumber penyakit.

Sampah yang terus diabaikan dan menumpuk bisa menimbulkan yang tidak enak sehingga udara di sekitarnya akan tercemar dan menimbulkan berbagai jenis penyakit kronis seperti DBD dan muntaber.

Disamping itu sampah juga bisa menimbulkan bencana alam misalnya tanah longsor dan banjir. Sampah yang dilempar ke sungai lama-kelamaan bisa membuat sungai jadi terhambat alirannya dan seiringnya waktu air sungai akan meluap.

Pastinya akan menyusahkan kita untuk melakukan kegiatan ataupun bekerja. Disamping itu banjir yang besar sekali bisa menimbulkan tanah longsor.

Interpretasi

Apabila kita memiliki kebiasaan membuang sampah secara sembarangan kedepannya akan banyak sekali dampak yang ditimbulkan. Maka dari itu sesama makhluk sosial dan memiliki keinginan untuk Sejahtera Ayolah sama-sama lingkungan di sekitar kita jaga.

Diawali dengan suatu hal yang kecil,yakni kita buang sampah di tempatnya. Untuk Jenis sampah organik kita bisa mengolahnya jadi kompos atau pupuk bagi Tumbuhan, sedangkan untuk sampah non-organik kita juga bisa mengolahnya kembali jadi barang kerajinan yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pelangi

Pelangi atau dalam Bahasa Inggrisnya Rainbow yaitu suatu peristiwa optik atau meterologi berwujud cahaya yang bermacam-macam warna paralel satu dengan yang lainnya di langit atau media yang lain.

Di langit Pelangi terlihat seperti bercahaya yang arah ujungnya menuju Cakrawala ketika terjadinya hujan ringan selain itu di sekitar air terjun kita bisa juga melihat Pelangi.

Uraian penjelasan

Terciptanya Pelangi yaitu melalui empat siklus di antaranya yaitu pembiasan sinar matahari. Sebab terciptanya pelangi yaitu terjadinya pembiasan cahaya atau sinar matahari yang kemudian dibelokkan menuju arah lain dari satu medium menuju medium yang lain oleh tetesan air yang terdapat di atmosfer.

Kemudian tetesan air tersebut dilewati sinar matahari. Ketika tetesan air tersebut dilewati oleh cahaya matahari, maka cahaya itu akan dibiaskan sehingga dapat menciptakan warna-warna itu yang terpisah secara sendiri-sendiri.

Pembelokkan cahaya. Masing-masing dari warna pelangi tersebut akan dibelokkan dengann sudut yang berbeda, sehingga bisa menghasilkkan warna yang memukau pada pelangi.

Terciptanya warna pelangi. Warna ungu merupakan warna yang pertama kali dibelokkan, sementara warna yang terakhir dibelokkan yaitu warna merah kemudian disusul dengan warna pelangi yang lain seperti jingga, kuning, hijau, biru dan nila. Dari fenomena tersebut makanya kita dapat mengamati warna pelangi yang lengkap dikarenakan adanay geometri optik ketika proses penguraian warna.

Penutup

Fenomena terjadinya pelangi hanya dapat ditemui ketika terjadinya hujan bersamaan matahari yang bersinar namun dari arah yang berlawanan dengan kita. Keberadaan kita harus ada di antara tetesan air dan matahari yang mana posisi matahari berada di belakang kita. Pusat busur pelangi dan mata kita harus berada pada satu garis lurus.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Pengertian Dari - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger