-->

Fungsi Sosial Masyarakat

Advertisement

Proses Terbentuknya Masyarakat

Menurut Raymond Firth berpendapat bahwa terdapat 4 faktor yang menunjukkan eksistensi serta fungsi sosial masyarakat, antara lain:
  1. Social Alignment
  2. Social Aligment merupakan suatu sistem dengan pengelompokkan yang berdasarkan kekerabatan, jenis kelamin, umur, berbagai bentuk dari perkumpulan yang berdasarkan pekerjaan sama, kedudukan ataupun status peranan.
  3. Social Controls
  4. Social Controls ialah suatu sistem serta proses yang bertujuan guna mengatur kegiatan dan juga tingkah laku dari tiap individu masyarakat. Sistem ini dapat disebut sebagai sistem pengendalian sosial yang bertujuan untuk mengendalikan tiap anggota masyarakat untuk mengatur kehidupannya.
  5. Social Media
  6. Social Media ialah suatu perlengkapan dan peralatan, yang dapat berupa benda ataupun sebuah bahasa yang kemudian dijadikan sebagai media bagi para anggota masyarakat untuk melangsungkan interaksi dan komunikasi dengan sesamanya.
  7. Social Standards
  8. Social Standards adalah suatu ukuran sosial yang dipakai guna menilai dan menentukan seluruh kegiatan dan menilai efektif atau tidaknya suatu kegiatan.
Caribbeancom 111913-482 Arisa Nakano  http://festyy.com/wuydKS  
Dari 4 faktor tersebut menunjukkan bahwa terdapat berbagai cara pengaturan tertentu yang bertujuan menciptakan keserasian, keseimbangan, dan ketertiban dalam kelangsungan kehidupan. Oleh sebab itu, masyarakat secara keseluruhan dapat menampilkan eksistensinya serta menjalankan fungsi socialnya untuk kelangsungan hidup masyarakt yang bersangkutan untuk sebagai kesatuan sosial. Berikutnya: Ciri-Ciri Masyarakat

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Pengertian Dari - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger