-->

Pengertian Pasar Uang

Advertisement
Pengertian Pasar Uang dalam ekonomi
Pernahkan anda mendengar istilah pasar uang? Mungkin kalau pasar ikan, pasar buah atau pasar sayuran sudah sering terdengar dalam kehidupan keseharian anda, namun untuk istilah “pasar uang” bisa jadi belum familiar dalam diri anda, nah untuk mengetahui dengan baik maka dalam postingan ini akan dibahas tentang pengertian pasar uang. Pasar uang dalam ilmu ekonomi diartikan sebagai sebuah pasar yang memperjualbelikan uang dalam bentuk surat-surat berharga yang memiliki jangka waktu kurang dari satu tahun.

Dengan demikian berdasarkan pengertian ini, maka dalam pasar uang yang diperjual belikan adalah uang, apakah dalam pasar uang akan dijumpai penjual yang sedang menjajakan uang sebagaimana penjual buah yang menjajakan buah-buahan?? Tentu tidak seperti itu, dalam pasar uang anda tidak akan menjumpai penjual yang sedang menjajakan uang, namun anda akan menjumpai penjual yang sedang menjajakan surat-surat berharga yang memiliki jangka waktu yang singkat yaitu kurang dari 1 tahun.

Dalam bahasa yang lain pasar uang dapat pula diartikan sebagai sebuah pasar yang mempertemukan permintaan dan penawaran uang dalam bentuk surat-surat berharga yang berjangka waktu kurang dari satu tahun (jangka pendek).

Jadi dari kedua pengertian yang telah disampaikan diatas, maka dapat diketahui bahwa Pasar uang termasuk golongan pasar abstrak.

Pasar abstrak yaitu pasar yang  memperjualbelikan barang tetapi barangnya tidak tersedia dipasar tersebut, yang ada hanyalah  Barang sebagai contoh yang bentuknya berupa: barang itu sendiri (dalam jumlah sedikit) dan surat-surat berharga. Selengkapnya tentang produk dari pasar uang yang diperjual belikan silahkan lihat dalam artikel bentuk-bentuk surat berharga jangka pendek pasar uang.

Dalam pasar uang, siapakah yang membutuhkan uang atau pihak yang memerlukan uang tunai? Dan siapakah pihak yang menyediakan uang tunai (dana) dalam pasar uang? Mungkin kedua pertanyaan itu akan muncul dalam pemikiran anda, baiklah penulis akan jawab satu persatu pertanyaan tersebut.

Pertanyaan pertama tentang siapa pihak yang membutuhkan uang. Dalam pasar uang, Permintaan uang atau kebutuhan uang berasal dari pihak yang ingin meminjam atau pihak yang membutuhkan kredit, misalnya saja para pengusaha yang sedang membutuhkan uang untuk sebuah keperluan tertentu secepatnya, sementara pengusaha tersebut tidak memiliki uang yang cukup untuk keperluannya tersebut, nah pada posisi ini maka pengusaha biasanya memutuskan untuk pergi ke pasar uang untuk memenuhi kebutuhan akan uang yang diperlukan tersebut dan menjual beberapa surat-surat berharga jangka pendek yang dimilikinya untuk mendapat sejumlah uang tunai.
Sedangkan pertanyaan yang kedua mengenai siapa yang menjadi penyedia atau sumber dana dalam pasar uang. Dalam pasar uang, penawaran uang berasal dari pihak  yang memiliki kelebihan uang, biasanya dalam sebuah perusahaan tertentu memiliki jumlah persediaan uang yang berlebih, nah karena terdapat uang yang berlebih maka perusahaan tersebut memutuskan untuk menginvestasikan uang yang berlebih tersebut dalam pasar uang dengan cara membeli surat-surat berharga jangka pendek yang ada di pasar uang, dari investasi yang dilakukan tersebut diharapkan perusahaan yang membeli surat berharga jangka pendek itu akan mendapat keuntungan.
SHKD-766 Kizaki Jessica http://gestyy.com/wt4wCT 
Kesimpulan
Definisi pasar uang adalah pasar sebuah pasar yang memperjualbelikan uang dalam bentuk surat-surat berharga yang memiliki jangka waktu kurang dari satu tahun, namun pada perkembangan zaman sekarang ini, pengertian pasar uang sudah berkembang lebih luas, pasar uang sekarang tidak lagi didefinisikan sebagai pasar yang memperjualbelikan surat-surat berharga jangka pendek saja tetapi dalam pasar uang juga diperjualbelikan valuta asing atau mata uang asing. Jadi, dalam hal ini pasar valuta asing dianggap sebagai salah satu bentuk dari pasar uang.

Dengan demikian, secara luas pasar uang diartikan sebagai pasar yang memperjualbelikan surat-surat berharga jangka pendek dan jugamemperjualbelikan valuta-valuta asing, selengkapnya tentang pasar valuta asing dapat dipahami dalam pembahasan berikutnya tentang mengenal definisi pasar valuta asing.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Pengertian Dari - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger