-->

Pengertian , Ciri, Contoh Tumbuhan Dikotil

Advertisement
Pengertian , Ciri, Contoh Tumbuhan Dikotil- Tumbuhan dikotil adalah suatu kelas tumbuhan berbiji tertutup yang keadaan bijinya sewaktu berkecambah memiliki dua keping lembaga atau dua daun lembaga dan perakaran tunggang. Yang dimaksud sistem perakaran tunggang adalah suatu perakaran tumbuhan yang mana akar kecambahnya mengalami pertumbuhan terus hingga tumbuhan menjadi besar dan bagian pangkalnya memiliki ukuran lebih besar daripada bagian ujungnya. Ciri-ciri tumbuhan dikotil lainnya adalah memiliki batang yang bercabang-cabang, karena tunas aksilernya berkembang dengan baik, daunnya berukuran pendek dibandingkan panjangnya dengan tulang/urat daunnya menyirip atau menjari, memiliki perhiasan bunga yang dapat dibedakan antara mahkota bunga (berwarna indah selain hijau) dengan kelopak bunganya (berwarna hijau), dan jumlah bagian-bagian bunganya umumnya masih menunjukkan kelipatan empat atau lima.
Pengertian , Ciri, Contoh Tumbuhan Dikotil
Salah satu contoh tumbuhan dikotil adalah Mangga.
Secara anatomi, umumnya batang tumbuhan dikotil memiliki lingkaran kambium, yang berfungsi sebagai jaringan meristem ke arah luar membentuk kulit batangnya dan arah ke arah dalam membentuk kayu batang sehingga batangnya dapat membesar, contoh tumbuhan dikotil antara lain: mangga, jati, polong-polongan, albasia, sengon, dan sebagainya.

Sekian uraian tentang Pengertian , Ciri, Contoh Tumbuhan Dikotil, baca juga Struktur Daun
Referensi:
  • Anna P, Kardiawarman, dan Suroso AY. 2003. Ensiklopedi Sains & Kehidupan. Jakarta: Tarity Samudra Berlian.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Pengertian Dari - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger