Advertisement
Apa itu Marketing Executive?
Untuk kesekian kalinya membahas marketing Executive, perlu ditekankan lagi bahwa seorang marketing berbeda dengan sales. Marketing dalam hal ini bertugas untuk memasarkan, mencari klien dan memperkenalkan produk, berbeda dengan sales yang bertugas menjual produk. Seorang Marketing merupakan ujung tombak dari segala perusahaan karena berkat kinerja seorang marketing perusahaan bisa terus berdiri.Jika pemasaran sebuah perusahaan buruk, maka dipastikan usia perusahaan itu pun tidak akan bisa bertahan lama. Karena itulah di setiap perusahaan, benefit bagi seorang marketing bisa dibilang selalu luar biasa, jauh dari posisi lainnya. Tapi entah kenapa banyak yang tidak berani untuk mengambil langkah dan memulai karir sebagai seorang marketing. Salah satu ranah yang menggunakan posisi marketing dalam perusahaan adalah perusahaan yang bergerak di bidang engineering, baik itu distribusi produk, maupun jasa instalasi dan konstruksi. Dalam hal ini tentunya dibutuhkan seorang marketing executive yang sangat memahami medan dan dituntut untuk mampu beradaptasi dengan kondisi dunia konstruksi dan engineering yang bisa dibilang "lebih keras" dibanding dunia industri lainnya.
Tugas Marketing Executive
1. Mencari Peluang untuk memasarkan produk perusahaanMencari peluang pemasaran, mencari para calon klien yang prospektif dan memiliki kemungkinan besar untuk menjadi pembeli atau pengguna jasa/produk yang ditawarkan. Dalam hal ini seorang marketing Executive harus benar-benar mampu melihat peluang sekecil apapun agar senantiasa mencapai target penjualan. Dikarenakan yang menjadi klien engineering biasanya adalah perusahaan, maka seorang marketing executive di bidang engineering akan sangat sering berkoordinasi dengan pihak engineering perusahaan atau dengan prihak purchasing perusahaan.
2. mengembangkan dan merealisasikan rencana penjualan dan targetnya
Disetiap harinya seorang marketing executive harus selalu berpikir untuk melakukan pengembangan jaringan di pasar. Hal ini direalisasikan dengan cara membuat perencanaan yang meliput, akan kemana, siapa, untuk apa, bagaimana, dan lain-lain. Tugas inipun kemudian dibagi-bagi (bekerja sama dengan para sales) untuk bisa menjangkau wilayah yang ditargetkan dan benar-benar bisa mencapai target yang telah ditentukan oleh perusahaan.
3. Menjelaskan segala hal terkait produk yang dipasarkan
Jika seorang marketing executive menemukan seorang klien yang prospektif dan memiliki kemungkinan yang tinggi untuk menjadi konsumen, maka seorang marketing executive dituntut untuk bisa membuat si calon klien tersebut benar-benar memahami
4. Mencari informasi terkait pesaing yang menjual produk yang sama
Jika terdapat pesaing yang melakukan penawaran di saat yang sama, seorang marketing executive harus bisa melakukan sampling untuk membuat penawaran harga dan mencari tahu kenapa perbedaan harga tersebut bisa terjadi, kemudian dia harus melakukan analisa dan membuat laporan agar perusahaan bisa bersaing dengan baik di pasaran.
5. Melakukan Penawaran Harga dan Negosiasi dengan Klien
Jika seorang marketing executive telah mendapatkan calon konsumen, maka dilakukan pengajuan penawaran harga terhadap PIC (Person In Charge) dari perusahaan yang membeli, melakukan negosiasi dan kepastian tanggal jadi. Serta memastikan barang atau jasa yang dipesan klien bisa tiba tepat waktu.
JAVXVSR-280 Arihana Moe http://festyy.com/wrnTIu
#Kualifikasi Marketing Executive di Perusahaan Engineering
Untuk menjadi seorang marketing executive sebenarnya tidak diperlukan pendidikan yang terlalu spesifik, tapi dikarenakan bidang yang dijalani adalah bidang engineering, tentunya diperlukan pengetahuan dan skill yang memadai untuk memasarkan produk yang segmented seperti itu. Biasanya yang dicari oleh perusahaan engineering untuk menjadi marketing executive adalah kandidat dengan pendidikan di bidang engineering dengan jenjang Sarjana Engineering atau Sarjana Teknik.Jika anda bukan sarjana teknik, tapi memiliki pengalaman yang mumpuni di bidang teknik, tentunya hal ini akan sangat menguntungkan untuk anda. Untuk karakteristk, bagaimana dasarnya seorang marketing, karakter yang supel, mudah bergaul dan memiliki komunikasi yang baik akan sangat menguntungkan bagi penilaian terhadap kandidat. Apalagi jika ditunjang dengan bentuk fisik yang baik pula. Sumber http://jobdeskchambers.blogspot.co.id/