-->

Jobdesk, Tugas dan Tanggung Jawab Account Officer

Advertisement

Apa itu Account Officer?

Berbicara mengenai tugas dan tanggung jawab Account Officer, sepertinya anda semua sudah tahu bahwa secara umum, istilah jabatan ini hanya ada di Perusahaan yang bergerak di bidang finansial atau keuangan, seperti Bank, Leasing, Koperasi, dan le,baga keuangan lainnya. Sebutannya pun beragam, dari mulai Account Officer dan biasa disingkat AO, ataupun Account Executive (AE).

Secara garis besar, sebenarnya dua posisi ini adalah saa dan bilapun tidak, minimal memiliki banyak sekali persamaan. Seperti anda ketahui, Istilah account officer berasal dari Bahasa Inggris yang memiliki arti Account = Akun. Akun disini bisa diartikan nasabah / klien dalam dunia finansial dan perbankan. Dan Officer itu sendiri bisa diartikan petugas, atau orang yang menangani. Jadi bila diartikan secara harfiah, Account Officer ini bisa diartikan Seseorang atau petugas yang kesehariannya adalah mengurusi segala hal yang berkaitan dengan klien. Dikarenakan sangat pentingnya posisi klien bagi dunia perbankan da finansial, maka dibentuklah bagian ini dan hamper di setiap Bank atau Leasing atau perusahaan finansial lainnya, anda bisa dengan muah menemukan Account Officer ini. Dalam dunia perbankan atau leasing ada beberapa jenis Account Officer, diantaranya ;
1. Account Officer Micro
2. Account Officer SME
3. Account Officer Secured Loan
4. Account Officer Financial Services
5. Account Officer Kredit
Dari kelima nama tersebut, tugas dan tanggung jawab mereka sama, hanya saja produk yang dipasarkan berbeda beda, missal, seorang account officer micro, maka yang menjadi prioritas pemasarannya adalah produk kredit untuk usaha micro tentunya.

#Tugas Account Officer

Secara umum, banyak orang yang memiliki pemikiran bahwa account officer itu adalah sales/marketing. Yap benar, tapi tidak sepenuhnya. Jika Account Officer diposisikan sebagai sales atau marketing, maka tidak mungkin Bank atau perusahaan lainnya di bidang perbankan masih membuka lowongan dan atau mempekerjakan marketing di perusahaan mereka. Secara gamblang hal ini sudah memberikan gambaran pada kita bahwa sebenarnya ada perbedaan yang signifikan antara marketing dan Account Officer meskipun pada kenyataannya memang terdapat banyak sekali kesamaan antara tugas dan tanggung jawab Account Officer dengan Marketing. Untuk lebih singkatnya kita bahas satu persatu tugas Account Officer dibawah ini ;

1. Melakukan pengenalan produk terhadap klien/nasabah/konsumen
Dalam hal ini, tanggung jawab utama dari sweorang Account Officer adalah memberikan pengenalan Produk dari tempat dia bekerja kepada konsumen, produk yang yang ditawarkan itu biasanya bukan berupa barang, tapi berupa jasa, misalkan jasa pinjaman, KPR, Kredit, Deposito, dan lain-lain yang erat hubungannya dengan dunia perbankan atau finance. Pengenalan produk ini dilakukan dimana saja, baik itu di kantor jika ada konsumen yang dating, ataupun dilapangan dimana seorang account officer mendatangi klien secara langsung, atau melalui program perusahaan, biasanya melalui pameran, atau melalui gathering di tempat tempat yang ramai.

2. Menjaga Hubungan Baik dengan Klien/Nasabah/Konsumen (Follow Up)
Terhadap konsumen baru, ataupun konsumen yang sudah pernah menjadi nasabah/klien, seorang account officer bertugas untuk menjalin hubungan baik. Cara menjalin hubungan ini beragam, baik dari menghubungi via telepon atau cara on air lainnya, ataupun dengan mendatangi langsung sekedar menanyakan kabar. Mengapa hal seperti ini harus dilakukan. Logikanya, jika seorang relasi anda memiliki sepuluh orang sanak keluarga, maka jika anda memiliki 10 relasi anda bisa dikatakan memiliki seratus nama yang mungkin saja bisa menjadi klien anda, karena biasanya seorang nasabah yang sudah merasa kenal kepada seorang account officer ataupun marketing selalu mereferensikan saudara atau sanak mereka yang hendak menggunakan jasa perbankan atau finance kepada Account Officer dan Marketing yang mereka kenal tersebut.

3. Memberikan Penerangan Terhadap Klien yang Tidak Mengerti
Jika terdapat klien yang belum memahami produk yang akan merekan ambil, Account Officer bertugas memberikan penerangan secara menyeluruh hingga klien tersebut mengerti dan benar benar memahami produk yang akan dia ambil agar tidak terjadi kesalahpahaman kedepannya. Jika kemudian terjadi salah paham, maka Account Officer yang menangani klien ini sebelumnya harus mempertanggungjawabkan pekerjaannya terhadap atasannya. Resikonya sangat besar, bisa sampai Pemutusan Hubungan Kerja jika diketahui seorang Accout Officer tidak memberikan penerangan yang lengkap kepada konsumen.

4. Berkoordinasi dengan Marketing Untuk Membuat Perencanaan Pemasaran
Jika dirasa perlu, seorang Account Officer senantiasa berkoordinasi dengan marketing untuk lebih mempermudah pekerjaannya, tentunya unsur efektivitas dan efisiensi kerja senantiasa diterapkan dalam ranah usaha apapu, dan koordinasi dengan marketing bagi Seorang Account officer adalah demi mendukung efisiensi dan efektifitas tersebut.

5. Memberikan Solusi Bagi Konsumen/Klien/Nasabah yang bermasalah
Jika terdapat Konsumen/Klien/Nasabah yang bermasalah, baik itu dari segi pengajuan ataupun pembayaran dan pelunasan, seorang account officer bertugas untuk memberikan solusi terbaik dan jalan keluar yang lebih menguntungkan perusahaan tanpa membuat si konsumen merasa dirugikan. Begitu tepatnya, karenanya diperlukan gaya bicara yang persuasif dalam menghadapi konsumen seperti ini.

6. Melakukan Analisa Kelayakan Konsumen/Klien/Nasabah
Seorang Account Officer bertugas untuk melakukan analisa kelayakan dari konsumen/klien/Nasabah yang mengajukan kredit terhadap perusahaan, hal ini dimaksudkan agar konsumen yang diberi kredit adalah konsumen yang tidak memiliki peluang untuk menjadi Problem Account atau secara sederhananya bermasalah dalam segi pembayaran kedepannya. Jika seorang Account Officer melakukan analisa secara asal asalan, sikhawatirkan akan terjadi masalah kedepannya yang akan membuat karir dia menjadi tersendat, bahkan bisa sampai PHK.

6. Membuat Laporan
Setiap minggu atau bulan, seorang acoount officer bertugas untuk membuat laporan kerja, atau laporan analisa dari konsumen yang dia handle. Sebagai informasi tambahan, seorang Account Officer dalam satu perusahaan finansial biasanya memiliki wilayah kerja masing masing, missal jika dalam satu kota dibagi menjadi  empat region, maka biasanya terdapat empat orang account officer yang bertugas menangani segala permasalahan diregional mereka masing masing.
J4V PRED-022 Aiki Hamamatsu http://festyy.com/wrnQpx

#Tanggung jawab Account Officer

Dalam menjalani pekerjaannya, seorang Account Officer betanggung jawab untuk ;
1. Memastikan produk perusahaan terdistribusi dan diperkenalkan dengan baik.
2. Memastikan Konsumen memahami produk yang diambil dari perusahaan.
3. Memastikan hubungan dengan konsumen dijaga dengan baik
4. Memastikan konsumen mendapatkan solusi yang tepat bagi setiap permasalahannya yang terkait dengan akun di perusahaan.
5. Menjaga kredibilitas dan nama baik perusahaan

#Kualifikasi dan Kemampuan Khusus Account Officer

Untuk menjadi seorang Account Officer, biasanya perusahaan akan meminta kandidat yang memiliki pendidikan setara minmal D3 dari segala jurusan, pengalaman di bidang yang sama akan sangat membantu jika anda memang berminat untuk mengisi posisi ini. Karenanya meskipun anda hanya memiliki ijazah SMA, tetapi memiliki pengalaman yang cukup lama sebagai account officer, anda akan sangat dipertimbangkan untuk mengisi posisi ini. Hal ini dikarenakan seorang Account Officer memang harus benar benar memiliki kapasitas yang cukup untuk menangani pekerjaannya tersebut, selain karena tanggung jawab yang besar, resiko kerjanya pun sangat besar, apalgi jika anda sudah menghadi complain dari nasabah yang menjadi tanggung jawab anda.

Untuk keahlian khusus, seorang Account Officer biasanya dituntut untuk memiliki kemampuan bicara yang baik. Tetapi kemampuan bicara yang baik saja tentu tidak cukup untuk menunjang kinerja seorang account officer, karenanya selain kemampuan biacara yang baik, diperlukan juga kemampuan untuk membina hubungan baik, lebih bagus jika pada dasarnya anda memiliki jaringan yang luas. Ditambah lagi, seorang account officer harus memiliki kemampuan untuk bertahan dalam kondisi tertekan, karena yang namanya bekerja di perusahaan finansial, tentunya target selalu ada, dan target ini akan sangat menekan anda jika tidak tercapai.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Pengertian Dari - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger