-->

Pengertian Puisi Menurut para Ahli

Advertisement
Pengertian Puisi Menurut para Ahli,  Puisi adalah pemikiran manusia secara kongkret dan artistik dalam bahasa serta berirama. Banyak ahli sastra yang berusaha memberikan pengertian puisi berdasarkan berbagai sudut pandang. Meskipun demikian, definisi yang diberikan oleh ahli tersebut belum dapat dianggap sebagai defenisi puisi yang baku. Sebagai gambaran, berikut ini akan kami sajikan beberapa pengertian puisi yang dikemukakan para ahli sastra. Menurut James Reeves, puisi adalah ekspresi bahasa yang kaya dan penuh daya pikat. Herbet Spencer menyatakan bahwa puisi adalah bentuk pengucapan gagasan yang bersifat emosional dengan mempertimbangkan efek keindahan.

Pengertian Puisi Menurut para Ahli
Pengertian Puisi
Pengertian puisi selanjutnya datang dari Thomas Carlyle yang berpendapat bahwa puisi adalah ungkapan pikiran yang besifat musikal. Sebuah puisi mengekspresikan pemikiran yang membangkitkan perasaan, yang merangsang imajinasi panca indera dalam susunan yang berirama. Semua itu merupakan sesuatu yang penting, yang direkam dan diekspresikan, dinyatakan dengan bentuk menarik dan memberi kesan. Puisi itu merupakan rekaman dan interpretasi pengalaman manusia yang penting, digubah dalam wujud yang paling berkesan (Pradopo, 1995:7).

Dari berbagai pendapat ahli tersebut, Herman Waluyo berusaha membuat rangkuman pengertian puisi yaitu: Puisi adalah bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa dengan pengonsentrasian fisik dan struktur batinnya. Keindahan sebuah puisi disebabkan oleh diksi, majas, rima, dan irama yang terkandung dalam karya sastra tersebut. Adapun kekayaan makna yang terkandung dalam puisi disebabkan oleh pemadatan segala unsur bahasa. Bahasa yang digunakan dalam puisi berbeda dengan yang digunakan dalam sehari-hari. Puisi menggunakan bahasa yang ringkas, namun kaya makna Kata-kata yang digunakannya adalah kata-kata konotatif yang mengandung banyak penafsiran dan pengertian.

Sekian uraian tentang Pengertian Puisi Menurut para Ahli, baca juga: Cara Ganti Bahasa di Keyboard HP Xiaomi Jadi bahasa Indonesia

Referensi:
  • Kusmayadi, Ismail. 2007. Think Smart Bahasa Indonesia untuk Kelas XII SMA/MA Program Bahasa. Jakarta: Grafindo.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Pengertian Dari - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger