-->

Pengertian Internet dan Website

Advertisement
Internet
Menurut Budhi Irawan (2005 : 69) internet adalah jaringan komputer global yang terbentuk dari jaringan-jaringan komputer lokal dan regional yang memungkinkan komunikasi data antar komputer terhubung ke jaringan tersebut.

Internet merupakan jaringan komputer terbesar yang digunakan saat ini, jaringan ini bukan saja merupakan jaringan antar komputer tetapi juga merupakan jaringan antar jaringan komputer diseluruh dunia. 

Website
Website adalah suatu media publikasi elektronik yang terdiri dari halamanhalaman web (web page) yang terhubung satu dengan yang lain menggunakan link yang dilekatkan pada suatu teks atau image. Website dibuat pertama kali oleh Tim Barners Lee pada tahun 1990. Website dibangun dengan menggunakan bahasa Hypertext Markup Language (HTML) dan memanfaatkan protokol komunikasi Hypertext Transfer Protocol (HTTP) yang terletak pada application layer pada referensi layer OSI. Halaman website diakses menggunakan aplikasi yang disebut internet browser. Abdul Kadir (2004 : 24)
Gambar  Skema Kerja Protokol HTTP

( sumber : Abdul Kadir, 2004, Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP, Andi. Yogyakarta )

Menurut Jasmadi (2004:12), fungsi dari website adalah sebagai berikut :
1. Fungsi Komunikasi
Website berfungsi sebagai media komunikasi antara pembuat/pemilik dengan pengunjung atau pengunjung dengan pengunjung lain. Komunikasi dilakukan dengan menggunakan aplikasi web messanger, web forum, web chat, web mail, dan lain sebagainya.

2. Fungsi Informasi
Website berfungsi untuk menyediakan informasi bagi pengunjung.

3. Fungsi Hiburan
Website menjadi sarana hiburan, menyediakan layanan online game, video streaming, music streaming, dan lain sebagainya.

4. Fungsi Transaksi
Website berfungsi sebagai sarana untuk melaksanakan transaksi bisnis seperti online order, pembayaran menggunakan kartu kredit, pembayaran dengan egold, dan sebagainya.

5. Fungsi Pendidikan
Website berfungsi sebagai sarana dalam interaksi guru dan siswa sehingga tidak terikat oleh jarak dan waktu. Baca juga: Operator Penting Untuk Mempermudah Pencarian di Google

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Pengertian Dari - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger