-->

Jenis dan Cara Penulisan Artikel

Advertisement
Jenis dan Cara Penulisan Artikel
Dalam menulis sebuah artikel, terdapat berbagai jenis serta cara penulisannya, antara lain :
  1. Argumentasi
  2. Kara tulis ini memiliki tujuan guna membuktikan kebenaran sebuah pendapat dengan fakta sebagai alasan atau bukti. Penulis mengharapkan adanya kebenaran berpendapat dari para pembaca yang terdiri dari unsur data, opini, dan fakta.
  3. Deskripsi
  4. Karangan ini mengandung gambaran mengenai sebuah hal sehingga pembaca seolah-olah mendengar, merasakan, atau melihat keadaan tersebut yang berupa fakta dan fiksi.
  5. Eksposisi
  6. Karya tulis eksposisi berisi tentang penjelasan mengenai topik yang bertujuan guna memberi pengetahuan tambahan untuk para pembaca yang dilengkapi dengan adanya gambar, grafik, dan sebagainya.
  7. Persuasi
  8. Karya tulis persuasi memiliki tujuan guna mempengaruhi para pembaca untuk berbuat sesuatu. Pengarang mengharapkan sikap motorik yang berupa perbuatan yang dapat dilakukan oleh para pembaca sesuai dengan adanya anjuran dari penulis dalam karya tulisnya.
  9. Narasi
  10. Narasi merupakan karya tulis yang dikenal sebagai sebuah cerita yang isi berisi fiksi atau fakta. Pada karangan ini terdapat sebuah peristiwa atau kejadian dalam setiap urutan waktu, dimana dalam kejadian tersebut terdapat seorang tokoh yang menghadapi suatu konflik.
Artikel diperuntukkan untuk masyarakat dengan cara melalui sebuah media, baik itu media online, cetak, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, adanya pemilihan kata, dan bahasa harus menggunakan bahasa secara umum agar dapat dimengerti, serta topik kajiannya memiliki isi tentang ilmu tertentu atau mengenai masalah yang marak dibicarakan. Artikel terdiri atas pendahuluan, isi dan penutup. Sistematika dari 3 unsur tersebut bersifat baku serta tidak diatur seperti halnya pada buku, skripsi, dan lain sebagainya. Selain itu, sistematika dari penulisan artikel tidak ditandai dengan adanya bagian-bagian bab. Perbedaannya hanya ditandai dengan adanya peralihan paragraf.

Terdapat beberapa jenis-jenis artikel yang sebaiknya terlebih dulu plajari sertapahami jenis artkel tersebut. Berikut jenis-jenis artikel, antara lain :

1) Artikel Prediktif
Merupakan artikel yang isinya mengenai hal yang sifatnya belum atau akan terjadi sesuai dengan analisa penulis.

2) Artikel Eksploratif
Merupakan artikel yang mengandung ungkapan dari berbagai fakta yang sesuai dengan sudut pandang dari penulis.

3) Artikel Deskriptif
Merupakan artikel yang disusun guna menggambarkan suatu masalah atau konflik yang terjadi dalam kehidupan.

4) Artikel Eksplanatif
Merupakan artikel yang isinya mengenai penjelasan suatu hal kepada para pembaca dengan menurut sudut pandang penulis.
RBD-828 Konishi Yuu, Kashii Ria http://bc.vc/OEtkqC 

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Pengertian Dari - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger