-->

Faktor yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna

Advertisement
Terdapat 2 faktor yang mempengaruhi dari persebaran flora dan fauna, antara lain :

Pengertian Biosfer
Bumi

Faktor Abiotik

Faktor abiotik seperti iklim, keadaan tanah, ketinggian dari permukaan bumi, dan air.
  1. Iklim
    Iklim adalah faktor yang meliputi keadaan suhu, kelembaban udara, dan angin. Iklim mempunyai pengaruh besar terhadap kelangsungan hidup di Bumi Misalnya : sinar matahari diperlukan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis, kelembaban udara dan angin untuk proses penyerbukan pada flora, dan lain sebagainya.
  2. Keadaan tanah
    Keadaan tanah mempunyai pengaruh besar terhadap air tanah, suhu tanah yang berpengaruh terhadap ada tidaknya kondisi air yang dalam tanah serta akar dari flora tersebut. Contohnya pada daerah tropis yang memiliki macam-macam jenis flora, akan tetapi di daerah gurun hanya mempunyai beberapa jenis flora saja.
  3. Air
    Banyak sedikitnya air tergantung dari faktor curah hujan, sedangkan curah hujan tergantung pada iklim, dan juga keadaan tanah yang memiliki pengaruh terhadap daya serap air.
  4. Tinggi rendah permukaan bumi
  5. Tinggi rendahnya suatu wilayah dapat membuat adanya perbedaan suhu sehingga mempengaruhi keanekaragaman flora fauna tersebut.
EBOD-605 http://festyy.com/wuyamA 

Faktor biotik

Yang termasuk faktor biotik adalah makhluk hidup seperti flora, fauna, dan manusia.
  1. Makhluk Hidup
    Makhluk hidup seperti flora, fauna, dan manusia mempunyai pengaruh terhadap persebaran flora fauna tersebut. Khususnya manusia dengan adanya perkembangan IPTEK dapat melakukan persebaran flora fauna pada suatu daerah, seperti melakukan konservasi hewan langka.

    Hewan juga menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap penyebaran flora yang berperan untuk menyuburkan tanah. Contohnya hewan yang memakan buah-buahan yang kemudian menyebarkan biji buah-buahan sehingga dapat tumbuh menjadi tumbuhan baru. Berikutnya: Pengertian Cagar Biosfer

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Pengertian Dari - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger