-->

Pengertian Dioda dan Jenis Dioda

Advertisement
Pengertian Dioda dan Jenis Dioda - Apa itu dioda? Dioda adalah komponen elektronika golongan semikonduktor yang mengalirkan arus satu arah saja. Komponen diode terbuat dari bahan Germanium atau Silicon yang lebih dikenal dengan nama Dioda Junction. Struktur dari dioda ini adalah sambungan antara semikonduktor tipe P dan semikonduktor tipe N. Semikonduktor tipe P (sisi positif) berperan sebagai anoda dan semikonduktor tipe N (sisi negatif) berperan sebagai katoda. Dengan struktur seperti ini arus hanya dapat mengalir dari sisi P ke sisi N. Dioda banyak digunakan pada adaptor yang berfungsi sebagai penyearah dari sinyal AC ke DC, dan distabilkan oleh kapasitor. 

Pengertian Dioda dan Jenis Dioda
Komponen Dioda
Jenis dioda ada dua, yaitu dioda zenner dan LED (Light Emiting Dioda). Dioda zenner adalah dioda yang berfungsi sebagai pembatas tegangan. Sedangkan LED adalah jenis dioda yang dapat menghasilkan cahaya.

Sekian uraian tentang Pengertian Dioda dan Jenis Dioda. baca juga Cara Mengukur Triode for Alternating Current - TRIAC dengan Multimeter

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Pengertian Dari - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger