-->

Pengertian Al-Quran

Advertisement
Pengertian Al-Qur'an | Apa itu Al-Qur'an? Dari segi bahasa, Al-Quran berarti "yang dibaca" atau "bacaan". Sedangkan, menurut istilah pengertian Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam yang berisi firman-firman Allah SWT, yang diwahyukan dalam bahasa Arab kepada Nabi Muhammad dan membacanya bernilai ibadah. Al-Qur'an berfungsi sebagai petunjuk/pedoman bagi umat manusia dalam mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Sebagai pedoman hidup, isi/kandungan Al-Qur'an terbagi menjadi tiga pembahasan pokok yaitu akidah, ibadah, dan prinsip-prinsip syariat. 

Pengertian Al-Quran
Pengertian Al-Quran
Al-Qur'an mempunyai kedudukan sebagai sumber utama hukum Islam. Hukum Islam adalah hukum ke-Tuhanan, Allah telah mensyari'atkan kepada para hamba-Nya. Al-Qur'an merupakan dalil pokok dan merupakan jalan untuk mengetahui hukum-hukum ini. Al-Qur'an adalah firman Allah yang merupakan jalan pertama untuk mengetahui hukum-hukum-Nya. Alasan yang menunjukkan bahwa Al-Qur'an adalah petunjuk bagi manusia dan hukum-hukum yang ada didalamnya merupakan undang-undang yang wajib ditaati. Sebab kebenaran dari Al-Qur'an tidak diragukan.

Setiap muslim tentu menyadari bahwa Al-Qur'an adalah kitab suci yang merupakan pedoman hidup dan dasar setiap langkah hidup. Al-Qur'an bukan hanya sekedar mengatur hubungan antara manusia dengan Allah SWT, tetapi juga mengatur hubungan manusia dengan manusia serta dengan lingkungannya. Itulah sebabnya, Al-Qur'an menjadi sumber hukum yang pertama dan utama bagi umat Islam. Seseorang dikatakan berpegang teguh pada Al-Qur'an apabila selalu mengamalkan apa yang diajarkan dalam Al-Qur'an. Dengan Al-Qur'an, manusia diharapkan dapat memiliki akhlak yang terpuji.

Sekian uraian tentang Pengertian Al-Qur'an. Baca juga:  Malik Bin Dinar, Anak Uang Emas

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright Pengertian Dari - All Rights Reserved - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger